Rocky : Untuk Rehab Jembatan Gunakan APBK

TERBARU54 Dilihat

ACEH TIMUR – BUPATI Aceh Timur, H.Hasballah HM. Thaib atau akrab disapa Rocky, meminta para camat sebagai pejabat nomor satu ditingkat kecamatan untuk mengawasi pengelolaan Anggaran Dana Gampong (ADG) disetiap desa. Hal ini disampaikan Rocky saat Rakor Camat se-Aceh Timur di Aula Setdakab Aceh Timur di Komplek Pusat Perkantoran Pemkab Aceh Timur di Idi, Rabu 10 Mei 2017.

Hal tersebut sangat urgen untuk dilakukan, mengingat Anggara Dana Gampong (ADG) yang dikelola oleh Kepala Desa (Kades) sekarang, hampir menyentuh angka 1 Miliar.

“ADG disetiap desa hampir Rp1 miliar. Jika tidak mendapat pengawasan oleh para camat ditingkat kecamatan, maka ADG ini akan sia-sia,” kata Bupati Rocky

Dalam beberapa peninjauan disejumlah desa, Rocky menemukan jalan berlubang, jembatan desa rusak dan gorong-gorong juga masih banyak yang bolong, Rocky juga menyebutkan untuk rehab jembatan pihK desa dan kecamatan harus membuat usulan ke Kabupaten.

“Dengan adanya ADG ini sudah seharusnya jalan, jembatan dan gorong-gorong desa dibangun dengan ADG. Jika untuk merehab jembatan di desa butuh anggaran lebih besar, maka desa dan pihak kecamatan usulkan ke kabupaten untuk ditangani dengan APBK,” ujar Rocky.

Tambahnya “Ada tiga yang harus diperioritaskan dalam ADG yaitu pembangunan fisik seperti jalan, jembatan dan gorong-gorong dan merehab rumah dhuafa dan merehab balai pengajian didesa”

Dikesempatan itu Rocky mengatakan kepada 24 camat, untuk mendorong para kepala desa kembali menggalakkan budaya gotongroyong, melaporkan setiap kendala pembangunan didesa dan selalu turun ke desa melakukan pengawasan agar ADG tepat sasaran.

“Camat juga harus kontrol ekonomi masyarakat dan camat juga harus mengontrol kepala desa agar tetap ADG peduli dengan penyandang disabilitas yang ada di desa,” ujar Rocky.

Hadir dalam kesempatan itu Kepala Bappeda Aceh Timur, DR. Maimun, SE, Ak, Kepala Inspektorat Aceh Timur, Muhammad, SH, MH, Kepala BPMPKS Aceh Timur, Elfiandi, dan Kepala DPKKD Aceh Timur, Maimun, SE, dan beberapa Kepala Bagian (Kabag) di Setdakab Aceh Timur.

Tinggalkan Balasan