Hari Kesiapsiagaan Bencana di Sungai Pua Libatkan Masyarakat dan KSB

TERBARU28 Dilihat

SUMBAR.KABADAERAH.COM- TIM Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Agam mematangkan, skenario pelaksanaan simulasi gunungapi dan gempa bumi sebagai puncak Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) 2018.

Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Agam Yunaidi.S, Jumat mengatakan, pematangan kesiapan peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) 2018 terus dilakukan, kali ini mendapatkan sambutan sangat positif dari masyarakat Sungai Pua.

“ Kemarin dilakukan koordinasi dan rapat dengan Kelompok Siaga Bencana (KSB) untuk mematangkan. Rapat Tim BPBD dengan KSB kecamatan Sungai Pua merupakan inisiatif wali nagari dan ketua KSB lima Nagari,” katanya.

Ia menjelaskan, pelaksanaan simulasi yang dilakukan adalah gempa bumi dan gunung api. Kalau perlu ditambah dengan simulasi kebakaran akan bertambah baik dan menambah semarak serta menambah semangat pemuda dan masyarakat.

Wali Nagari Sungai Pua Fikri Nanda mengatakan, kesiapan Sungai Pua sebagai lokasi simulasi HKB 2018 juga didukung penuh kelompok siaga bencana (KSB) yang sudah terbentuk di setiap nagari.

Selain itu, juga ada relawan PMI serta seluruh warga masyarakat kecamatan Sungai Pua. Ini sangat disambut masyarakat karena pelaksanaan kegiatan simulasi adalah untuk meminimalisir dampak bencana yang terjadi di Kabupaten Agam khususnya di Sungai Pua.

Ia menambahkan, secara prinsip nagari siap membantu kelancaran pelaksanaan HKB 2018. Apalagi di Sungai Pua terdapat gunung api yang masih aktif dan mungkin suatu saat akan terjadi letusan.

“ Kita perlu persiapan melalui latihan agar masyarakat mampu dan mengetahui apa saja langkah-langkah yang akan dikerjakan ketika bencana itu datang,” jelasnya. ***

(Gunawan/rel)