Daerah Rawan Bencana, Sekolah Diminta Miliki KSBS

TERBARU15 Dilihat

SUMBAR.KABARDAERAH.COM- Siswa Negeri 09 Batu Palano Kecamatan Sungai Pua, antusias mengikuti simulasi bencana gempa. Sekolah ini juga termasuk sekolah  terkena dampak gempa dengan skala sedang.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Agam Yunaidi.S, Kamis mengatakan, pelaksanaan latihan simulasi gempa di SD 09 Batupalano Sungai Pua perlu dilakukan, mengingat sekolah ini terlibat langsung dengan kegiatan peringatan Hari kesiapsiagaan yang jatuh pada tamggal 26 April.

” Simulasi gempa bumi di SD Negeri 09 Batu Palano Kecamatan Sungai Pua, yang merupakan, senin kemarin berjalan lancar, peserta sangat antusias, kegiatan ini juga dipandu pengawas sekolah dan majelis guru,” katanya.

Ia menjelaskan, kegiatan HKB 2018 melalui sekolah dilaksanakan di sekolah yang ada di Agam bertujuan untuk meminimalisir dampak bencana yang terjadi di Kabupaten Agam, terutama di kalangan pelajar.

Latihan simulasi yang dilaksanakan rangka memperingati hari Kesiapsiagaan Bencana tahun 2018 sekaligus memasyarakatkan yang digelar di sekolah yang sering merasakan getaran dampak gempa.

Ia juga mengimbau setiap sekolah dapat membentuk kelompok siaga bencana sekolah (KSBS), nantinya dapat berkolaborasi dengan kegiatan ekstrakurikuler PMR, pramuka yang aktifitas membantu temannya saat terkena dampak gempa dan bencana lainnya di sekolah.

” Sebenarnya  setiap sekolah perlu latihan simulasi gempa. Kemudian yang tidak kalah penting perlunya kesiapsiagaan bagi setiap diri, keluarga dan komunitas,” jelasnya. ***

(gunawan/rel)