Forum Pengurangan Resiko Bencana Merupakan Kebutuhan Masyarakat

LIPUTAN KHUSUS22 Dilihat

SUMBAR.KABARDAERAH.COM- Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) Nagari Tiku Utara, dikukuhkan pada  Puncak acara Hari kesiapsiagaan Bencana (HKB) tahun 2018 diperingati secara bersama oleh warga masyarakat Tanjung Mutiara, di lapangan hijau SMP 2 Cacang Randah kecamatan Tanjung Mutiara.

Ketua DPRD Agam Marga Indra Putra, Jumat mengatakan, Forum  hadir dan merupakan kebutuhan  warga masyarakat Tiku Utara. Keberadaannya perlu didukung secara bersama, terutama pihak pemerintahan nagari dengan menyediakan dana untuk kegiatan penanggulangan bencana.

Ia menyambut baik yang telah mengangkat acara malam gembira peringatan hari kesiapsiagaan bencana tahun 2018 yang telah berlangsung dengan baik di Nagari Batupalano kecamatan Sungai Pua.

” Kepada pengurus forum dapat bekerja dalam antisipasi penguragan bencana. Forum diharapkan dapat berkomunikasi dengan semua stakeholder terkait untuk bersinergi,” katanya.

Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Yunaidi.S, M.Pd, dalam sambutan selesai pengukuhan menyebutkan bahwa keberadaan forum pengurangan risiko bencana adalah sebagai penghubung antara kelompok siaga bencana yang ada di jorong atau di nagari. Acara berjalan lancar beberapa waktu lalu.

sementara BPBD sebagai induk dan bapak angkatnya turut memfasilitasi kebutuhan akan keberadaan dari kelompok siaga bencana sebagai ujung tombak mitra kebencanaan di lapangan.

Wali Nagari Tiku Utata Amris dalam sambutannya menyambut baik atas inisiatif dengan telah mengangkat acara gebyar pengukuhan FPRB dengan memeriahkan HKB tahun 2018.

Amris menghimbau kepada seluruh warga masyarakat untuk selalu waspada. Dalam cuaca ekstrim kadang-kadang panas dan kadangkadang hujan, warga diminta hati-hati dan waspada dengan api.

Hadir dalam acara pengukuhan FPRB Nagari Tiku Utara, Ketua DPRD Agam, kepala pelaksana BPBD diwakili kabid PK Yunaidi.S, kasi Pencegahan Martiyas, S.Pd,dua anggota Pusdalops Rika dan Putri, wali nagari serta masyarakat nagari utara yang dihibur oleh sponsor Jarum.

(Gunawan/rel)