Setelah Jalan Amblas, Masyarakat Cacang-Bukik Malintang Buat Jalur Darurat

TERBARU26 Dilihat

SUMBAR.KABARDAERAH.COM— Hujan lebat yang terjadi pada Sabtu kemarin menyebabkan ruas jalan Cacang Randah-Bukik Malintang, Nagari Tiku Utara, Kecamatan Tanjung Mutiara amblas. Kejadian tersebut memperparah kondisi karena peristiwa yang sama juga pernah terjadi menjelang lebaran kemarin.

Panjang dan lebar jalur amblas semakin bertambah sehingga dibutuhkan langkah penanganan lebih. Akibatnya jalan satu-satunya Akses menghubungkan Cacang Randah -Bukik Malintang putus.

Keluar wilayah itu, sangat bagi Masyarakat lokasi jalan yang ambruk digerus luapan sungai cukup dalam dan rawan. Langkah perlu cepat dilakukan sehingga masyarakat bisa beraktivitas normal.

Camat Tanjung Mutiara Yogi Astarian didampingi Kasi.PNM Tanjung Mutiara Weri Ikhwan, Selasa mengatakan, ruas jalan itu kembali ambruk menyusul hujan lebat yang terjadi sepanjang Sabtu kemarin. Sebelumnya sudah ditangani secara darurat.

Dikatakannya, pihaknya masih berkoordinasi dengan unsur terkait baik tekhnis maupun non tekhnis untuk penanganan lebih lanjut. Tanah pada Lokasi itu dinilai cukup lunak sehingga mudah amblas.

Pasca dihantam luapan sungai ruas jalan Cacang Randah -Bukik Malintang itu, unsur pemerintah kecamatan dan nagari sudah melakukan langkah penanganan darurat di lapangan.

“ Sebelumnya titik yang terdampak luapan sungai tersebut juga pernah ambruk menjelang lebaran. Penanganan masih dikaji secara tekhnis, meski demikian Saat ini sudah diupayakan dibangun jalur darurat.

“ Kami saat ini bekerjasama dengan pihak terkait tengah berupaya agar penanganan lokasi jalan yang amblas bisa ditanggulangi dengan cepat. Sebab jalur itu sangat vital bagi masyarakat,” jelasnya. **

(Gunawan/rel)