Pembangunan Dermaga Milik Pemkab Ketapang Terkesan Tanpa Azas Manfaat ‎ ‎

TERBARU23 Dilihat
KALBAR.KABARDAERAH.COM – Di bangunnya fasilitas dermaga beberapa tahun lalu di Desa Sukamaju, Kecamatan Muara Pawan, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, dikeluhkan warga nelayan setempat.
Pasalnya, kendati di bangun tidak memiliki akses jalan menuju dermaga. Sehingga kondisinya kini banyak ditumbuhi semak belukar.
“Kalau ada jalan dibuatkan oleh pemerintah untuk menuju ke dermaga saya sangat bersyukur, karena saya merupakan seorang nelayan pemancing ikan,” celetuk salah seorang nelayan di Sukamaju. 
 
Sementara menyikapi persoalan itu, Kepala Dinas Perhubungan Ketapang Joko Prastowo mengungkapkan, jika di bangunnya dermaga tanpa adanya akses jalan sebagai penghubung tentunya sangat menyulitkan bagi masyarakat.‎
 
“Semestinya jika sudah terbangunnya dermaga di suatu tempat agar ada azas manfaatnya bagi masyarakat. Seharusnya terlebih dahulu dibuatkan akses jalannya,” ujarnya di ruang kerja, Kamis (2/8/2018).
Ia menambahkan, mengingat di Kabupaten Ketapang banyak terdapat aliran sungai yang panjang, maka sebelum akses transportasi melalui darat menurutnya masyarakat pastinya menggunakan transportasi melalui sungai.
 
“Berdasarkan hal ini instansi terkait membuatkan akses sungai dengan membuat dermaga tadi,” imbuhnya.
 
(Agt)    ‎