Nelayan Harus Turun Ambil Bagian Dalam Pembangunan Daerah

TERBARU45 Dilihat

SUMBAR.KABARDAERAH.COM– Nelayan Tiku, Kecamatan Tanjung Mutiara, menerima bantuan peralatan untuk menangkap ikan dari Pemerintah Kabupaten Agam. Melalui peralatan yang lebih lengkap diharapkan bisa semakin meningkatkan tangkapan nelayan.

Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Ermanto, Kamis mengatakan Kabupaten Agam memiliki beragam potensi, karena wilayah yang luas terdiri dari pegunungan danau maupun laut. Ini terus dimaksimalkan pemerintah melalui dorongan dan bantuan kepada masyarakat.

Pada kesempatan itu ia juga berpesan agar nelayan menggunakan bantuan itu sebaik- baiknya. Selain itu rawat bantuan itu sehingga bisa digunakan dalam waktu yang panjang.

“ Mudah-mudahan bantuan ini bermanfaat, tangkapan maksimal. Nelayan harus turun ambil bagian dalam pembangunan daerah. Berikanlah kontribusi untuk negeri ini sesuai dengan bidang masing-masing,” jelasnya.

Nelayan yang mendapatkan bantuan itu berasal dari Koperasi Karya Bersama, Karang dan Koperaso Mitra Usaha. Kemudian Koperasi Pasia Maelo, Koperasi Bungo.

Pada bantuan itu ada kotak pendingin ikan 45 unit dan frish finder multi fungsi 10 unit. perahu motor tiga gross tonnage sebanyak tiga unit, jaring insang atau gill net 17 unit.

Bantuan ini berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) pada 2018 dengan anggaran sebesar Rp700 juta. Sementara syarat nelayan mendapatkan bantuan punya kartu nelayan, ada usulan bantuan, tergabung dalam koperasi. ***

(gunawan/rel)