Rakernas, Inilah Rahasia Kabardaerah.com

DKI.KABARDAERAH.COM– Perjalanan begitu panjang terbalaslah sudah. Para perwakilan Kabardaerah.com (KD) seluruh provinsi di Indonesia menapakan kakinya ke ibu kota. Demi Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) KD di Jakarta,  (4/11/18). Dari Aceh hingga Papua, jalur darat dan udara mereka lalui menyonsong gezah medianya.

Sebelumnya pada hari Sabtu (3/11/18), Pemimpin Umum KD, Budi Gunawan (Awan) telah hadir lebih dulu. Ditemani salah seorang Pembina KD, Yohandri Akmal. Guna mempersiapkan agenda rapat untuk keesokan harinya.

“Malam itu, saya bingung merencanakan susunan acaranya. Memang benar, acara ini sudah dipersiapkan dengan matang. Namun, karena ada kendala sedikit membuat susunan acara musti didaur ulang kembali,” Kata PU Kabardaerah.com Budi Gunawan.

Tak mau terlena di alam kebingungan, BG nwgitu spaan akrab Budi menghubungi perwakilan KD dari Lampung, Bang Aziz yang sedang dalam perjalanan menuju Jakarta.

“Malam itu saya menanyakan ke bang Aziz, gimana susunan selanjutnya setelah kendala itu? Lalu beliau menjawab, yang paling penting itu kita berjumpa dan membahas pengembangan KD untuk menjadi lebih baik lagi”, tutur BG menirukan ucapan saran Rasyid Aziz.

Akhirnya, konsep yang dipakai hanyalah dua saja, yakni silaturahmi dan rapat redaksi. Pada hari Minggu (4/11/18), semua perwakilan sudah datang.

Konsep yang dibuat sama sekali tidak berjalan sesuai rancangan. BG yang sebelumnya merancang konsep perkenalan diri masing masing perwakilan secara formal tidak terlaksana.

Mengapa tidak? Sebab, semua perwakilan sudah saling akarab satu sama lain meskipun baru pertama kali berjumpa secara langsung. Mereka terasyikan oleh senda gurau kocak kacik tertawa girang. Awan tercengang bingun melihat kondisi saat itu.

Sebelumnya, Ia berpikir kalau kalau para perwakilan akan bersikap kaku satu sama lain, namun tidak pada kenyataanya.

“Saya terkejut pagi itu. Saya pikir para perwakilan bakal kaku  karena belum pernah berjumpa sama sekali sejak bergabung di KD setahun yang lalu. Akan tetapi, dugaan saya salah. Mereka malah sudah lebih akrab satu sama lain tanpa harus saya perkenalkan,” ungkap Budi sambil tergelak malu.

Selanjutnya, para perwakilan KD duduk semeja. Berencana akan membahas KD untuk lebih maju lagi ke depan, tentunya akan semakin solid.

Dengan suguhan sarapan dan kopi, mereka tak henti hentinya saling bercanda. Sangat akrab sekali, seperti sudah sering berjumpa. Bahkan BG sendiri memandangnya dengan tatapan cengang penuh kesalutan. Terlihat jelas dibalik mimiknya.

Dalam kesempatan itu budi mengucapkan rasa terima kasih kepada para instansi maupun perorangan yang telah mendukung kesuksesan Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) Kabardaerah.com seluruh Indonesia. Terutama kepada Pemerintah Provinsi Riau, melalui Asisten Dua, Masperi dan Kepala Biro Umum H. Ariyadi, (Pemprov Riau).

Empat jam rapat berlangsung, penuh dengan suka cita dan sahaja di wajah para pengembang KD. Gelak tawa yang mengharukan pun tak dapat dipungkiri lagi. Arjuna dan Hasbuh dari Aceh mengungkapkan segala keluh kesah mereka selama berjuang dalam mencari serta menerbitkan berita, begitupun dengan yang lainya.

Bang Aziz dari Lampung memberikan masukan yang sangat berarti hingga bisa disebut sebagai jurus sakti wartawan yang ia bagikan. Kang Yudi dari Jawa Barat mengutarakan konsepnya yang dianggap terobosan terbaru dalam dunia media informasi, sangat membanggakan sekali.

Begitu juga dengan Dami Zanambani bersama Jefry perwakilan dari Papua yang menceritakan pengalaman unik mereka yang sangat berarti bagi KD untuk didengarkan, penuh suka duka bercampur dalam jurnalis pejuang di negeri emas itu.

Kemudian, Akmal juga membagi pengalamannya tentang alam jurnalistik di Sumbar pada saat rapat. Tentunya, Bang Johan dari Bengkulu juga memberikan masukan dan gagasan luar biasa untuk pengembangan sayap KD dari segala penjuru. Sedangkan Pak Amirullah (KD Jabar) juga tengah sibuk mencatat berita acara rapat yang berlangsung.

Ditambah lagi Harianto Daud dan Syahril Helmi yang menjelaskan betapa pentingnya program Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang akan diadakan KD pada Januari 2019.

Apalagi, Dedi Hariansyah dan Niko dari DKI sebagai anggota baru yang ikut mengkondisikan kelancaran acara rapat pada saat itu.

“Terima kasih banyak rekan rekan Kabar Daerah yang sangat saya hormati, masukan demi masukan yang anda berikan sangatlah berarti bagi KD yang kita cintai ini. Marilah kita pertahankan terus karya dan semangat kita ini, karena Kabardaerah.com itu Lebih Dari Sekedar Informasi”, pungkas Budi Gunawan menutup rapat. (RED)