Waspada, Ancaman Bencana Itu Ada Dimanapun

LIPUTAN KHUSUS32 Dilihat

SUMBAR.KABARDAERAH.COM- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam memberikan pendidikan dan pelatihan simulasi gempa bumi terhadap 466 orang siswa dan guru SD Negeri 21 Surabayo, Kecamatan Lubuk Basung.

Pelatihan terus dirutinkan jelang pelaksanaan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) yang akan digelar serentak seluruh Indonesia pada 26 April 2019 mendatang. Lingkungan sekolah dianggap cukup riskan akan korban bencana, di antaranya seperti kejadian gempa bumi.

Kalaksa BPBD Agam diwakili Kabi Pencegahan dan Kesiapsiagaan (PK) Yunaidi, Rabu (20/2) mengatakan, materi sosialisasi yang diberikan tim BPBD pada warga SD Negeri 21 Surabayo itu di antaranya, bagaimana cara untuk menyelamatkan diri saat terjadi gempa.

Ia menjeladkan, BPBD tidak henti-hentinya juga  mengingatkan agar siswa selalu siaga sesuai dengan moto kesiapsiagaan di Agam, #AwakSiap AwakSalamaik.  Edukasi kebencanaan terhadap siswa dan warga masyarakat sangat perlu dilakukan.

” Kami terus merutinkan agenda pelatihan simulasi bencana alam terhadap sekolah, karena ini penting, kegiatan kemarin, di SD Negeri 21 Surabayo, Kecamatan Lubuk Basung, berjalan dengan lancar,” jelasnya.

Ia menambahkan, dalam menghadapi bencana diperlukan, mengerti menyelamatkan diri ke jalur evakuasi yang telah diarahkan. Kemudian melindungi kepala menggunakan tas dan berlindung dibawah meja.

“ Pada 26 April 2019 mendatang kita juga akan memperingati hari kesiapsiagaan bencana, dan itu serentak diseluruh wilayah Indonesia,. Momet ini sangat penting dalam upaya untuk terus meningkatkan kesadaran masuarakat terhadap ancaman bencana” ujarnya. ***

(Gunawan/rel)