Selamat Jalan Jamaah Haji, Semoga Selamat Sampai Tujuan Dan Jadi Haji Mabrur

TERBARU76 Dilihat

PADANG.KABARDAERAH.COM– Memasuki Bulan Dzulhijah menurut kalender Hijriah dalam Islam maka umat islam akan merayakan 1 lagi hari raya yaitu Idul Adha atau Hari Raya Qurban, pada 10 Dzulhijah 1440H dan bertepatan dengan tanggal 11 Juli 2019.

Dalam tradisi Islam, dirayakannya Idul Adha telah terjadi sejak jaman Rasul Muhammad SAW dan diperintahkan Allah SWT dalam Al-Qur’an. Napak tilas perjalanan Siti Hajar, Istri Nabi Ibrahim serta  pengorbanan Nabi Ibrahim terhadap perintah Allah yang mengetes kesetian hamba-Nya maka ada 2 peristiwa penting bagi umat Islam, yaitu rukun islam-Ibadah Haji dan Berkorban (memotong hewan ternak) sebagai bentuk pengorbanan harta benda kepada Tuhan Yang Maha Menciptakan.

Untuk ibadah haji sendiri, Indonesia sampai saat ini selalu dipenuhi oleh para calon haji yang mendaftar berangkat ke Tanah Suci Makkah. Khusus daerah tempat penulis tinggal (Provinsi Bengkulu), antrean daftar tunggu sudah menembus 10 tahun!. Ini dikarenakan kuota yang diterima Provinsi Bengkulu juga Provinsi lain se Indonesia yang hanya 200an ribu, sedangkan calon haji yang mendaftar sudah jutaan orang. Kuota Haji Provinsi Bengkulu sendiri berjumlah 1940 orang.

Kemenang Kakanwil bengkulu: Jadwal keberangkatan haji bengkulu
Provinsi Bengkulu dalam rangkaian pemberangkatan calon haji bergabung dengan Provinsi Sumatra Barat di Embarkasi Padang. Jemaah haji Embarkasi Padang tergabung dalam 18 kloter, terdiri atas 13 kloter jemaah haji Provinsi Sumbar dengan jumlah 5.005 orang dan 5 kloter jemaah haji Bengkulu dengan jumlah 1.940 orang.

Dalam minggu ini yaitu hari Rabu, 10 Juli 2019 sebanyak 270 orang berangkat dengan 5 Bus menuju Asrama Haji Padang Kemiling dari titik berkumpul di Masjid Akbar AtTaqwa, Bengkulu. Setelah menginap 1 malam, calon haji akan berangkat tanggal 11 Juli malam ini menuju Bandara Internasional Minangkabau dan kembali berada di Asrama Haji Padang untuk menunggu kebarangkatan menuju Madinah Arab Saudi.

Semoga Calon Haji selamat di perjalanan, mendapat haji yang mabrur serta kembali ke tanah air dalam keadaan sehat dan tanpa kendala berarti.

Labbaik Allahumma labbaik
Labbaikala syarikalaka labbaik
Innal hamda wanni’mata
Walmulkala syarikalak.

(R Hady S)