Cegah Penularan covid-19, Nasdem Raja Ampat Bagikan Masker Gratis

POLITIK32 Dilihat

KABARDAERAH.COM – Dipimpin langsung Ketua DPD Partai Nasdem Kabupaten Raja Ampat Manuel Piter Urbinas, S.Pi., M.Si., jajaran pengurus Nasdem menggelar kegiatan pembagian masker yang dipusatkan di depan pos lantas Jl. 30 Kota Waisai kamis (7/5).

Lokasi ini dipilih dengan pertimbangan bahwa lokasi ini merupakan salah satu titik dengan pergerakan lalu lintas orang yang cukup tinggi. Satu per satu pengendara dihampiri oleh Manuel Piter Urbinas, S.Pi., M.Si yang juga merupakan Wakil Bupati Raja Ampat, sembari memberikan sosialisasi singkat mengenai pentingnya menerapkan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan untuk mencegah meningkatnya penularan covid-19 di masyarakat Raja Ampat.

Ketua Partai Nasdem Raja Ampat Manuel Urbinas membagikan masker gratis dan memberikan sosialisasi singkat tentang protokol kesehatan kepada warga

Sesuai pedoman pencegahan dan pengendalian covid-19 yang diterbitkan oleh Kementerian Kesehatan RI, covid-19 menular dari manusia ke manusia melalui percikan batuk/bersin (droplet), tidak melalui udara. Sehingga penggunaan masker sangat direkomendasikan baik bagi yang sedang mengalami batuk/bersin maupun yang sehat, selain juga menerapkan etika batuk/bersin yaitu ketika batuk/bersin menutup mulut dan hidung dengan lengan. Informasi singkat inilah yang disampaikan kepada masyarakat dalam kesempatan tersebut.

“Kami partai Nasdem menyadari bahwa Pemerintah terkhusus kementerian kesehatan tidak akan berhasil memerangi wabah ini tanpa adanya kesadaran secara kolektif oleh masyarakat untuk mencegah penularannya. Dalam konteks itulah kami bergerak pada hal konkret paling kecil yaitu memberikan masker kepada masyarakat sambil terus menghimbau untuk menerapkan perilaku hidup bersih seperti mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau dengan menggunakan sanitizer, dan menghindari menyentuh muka sebelum tangan dalam keadaan bersih,”ungkap Manuel Piter Urbinas, S.Pi., M.Si di sela-sela kegiatan.

Selain itu dikatakannya,  imunitas atau kekebalan tubuh adalah benteng yang kuat untuk melawan virus, sehingga menjaga pola makan dan mengkonsumsi makanan yang sehat juga sangat direkomendasikan untuk membentuk imunitas.

Ia menambahkam pesan moril yang ingin disampaikan Partai Nasdem yaitu virus yang menyebabkan infeksi penyakit telah ada dan akan terus ada selama manusia hidup di dunia ini, karenanya memerangi wabah harus diartikan sebagai upaya bersama untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

“Tagline yang diusung oleh partai Nasdem adalah gerakan perubahan, dalam konteks kesehatan masyarakat gerakan perubahan diarahkan kepada upaya massif dan berkelanjutan demi terciptanya masyarakat yang sadar akan pentingnya menjaga kesehatan dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat. Perilaku hidup bersih dan sehat tidak hanya dilaksanakan dalam ancaman wabah covid-19 ini, tetapi setelah wabah ini berlalu perilaku hidup bersih dan sehat harus tetap diterapkan demi mencegah infeksi penyakit menular lainnya,” kata Urbinas.

Dalam kesempatan ini, Ia juga menyampaikan sebuah adagium yang diadposi dari seorang penyair Romawi kuno, “orandum est ut sit men sana in corpore sano” yang artinya kurang lebih marilah kita berdoa semoga di dalam tubuh yang sehat terdapat pula jiwa yang sehat, tubuh dan jiwa yang sehat adalah modal dasar untuk melaksanakan pembangunan daerah Raja Ampat demi tercapainya kesejahteraan masyarakat.

“Marilah kita berdoa agar masyarakat Raja Ampat, Papua Barat, dan seluruh Indonesia segera terbebas dari wabah covid-19 ini,” tukasnya.

(RIS)