Bukan Menulis Jurnal yang Benar adalah Menulis Artikel

TERBARU17 Dilihat

JAWABARAT.KABARDAERAH.COM- MGMP Bahasa Indonesia SMA Kabupaten Majalengka Jawa Barat dengan IAIN SYEKH NURJATI CIREBON telah mengadakan Webinar berskala nasional kemarin Senin, 22 Juni 2020. Webinar diadakan di zoom dengan Moderator Ketua MGMP Bahasa Indonesia sekaligus guru SMAN 1 Sukahaji Majalengka Rina Sugiartinengsih, M.Pd. Mengusung tema Menulis “Artikel Jurnal dalam Bentuk Jaringan.”

Diikuti oleh 100 peserta lebih dari berbagai wilayah di Indonesia. Dengan rata-rata profesi yakni guru Bahasa Indonesia tingkat SLTA. SMA,SMK, MA dan sedikit yang mengajar di SMP juga SD.

Workshop tersebut berlangsung selama 4 hari itu mampu menarik peserta yang ingin meningkatkan kemampuan dalam menulis artikel ilmiah untuk diterbitkan dalam jurnal. Sebagai salah satu syarat memenuhi kenaikan pangkat bagi ASN juga untuk menambah kemampuan tentang dunia menulis ilmiah bagi para guru sebagai yang terus berusaha menjadi pembelajar. Tidak ada alasan tidak bekerja walaupun di rumah saja.

Hal yang menarik dari materi yang disampaikan salah satu nara sumber pertama yaitu Dr. Indrya Mulyaningsih,M.Pd dosen Tadeus Bahasa Indonesia FITK – IAIN SYEKH NURJATI CIREBON KETUA PENGURUS JURNAL SE-INDONESIA ternyata ada sering salah kaprah penyebutan dalam menulis artikel untuk jurnal ini.

“Orang sering mengatakan menulis jurnal untuk kegiatan menulis artikel untuk dipublish dalam jurnal. Ini dua hal yang berbeda karena jurnal adalah tempat kumpulan artikel ilmiah. Jadi menulis artikel untuk diterbitkan dalam jurnal. Itu yang betul.” Tutur Dr. Indrya Mulyaningsih,M. Pd yang memaparkan banyaknya salah pengertian tentang hal itu.

Ada dua narasumber dalam acara tersebut selain Bu Dr. Indrya, yakni Pengawas Pembina MGMP Bahasa Indonesia SMA Kab. Majalengka
Drs. Sigit Sulistio yang menyambut baik diadakannya workshop ini dalam rangka mengisi kegiatan WFH, Work From Home.

Sejalan dengan latar belakang diadakannya acara seperti dituturkan Ketua MGMP Bahasa Indonesia SMA Kab. Majalengka .
Rina Sugiartinengsih,M.Pd, “Harapan besar adalah para guru belajar menulis artikel di jurnal sebagai salah satu peningkatan kompetensi diri melalui online di saat WHF.”

Adapun target acara yang akan diadakan sampai 25 Juni 2020 itu Rina dalam penjelasannya tentang acara yang dibuka pada 22/7/2020 itu mengatakan, “Guru dapat membuat artikel dan bisa submit di jurnal yang ber ISSN. Setelah diberikan masukan PUEBI dan materi oleh narasumber. Lalu peserta akan mendapatkan fasilitas sertifikat 32 jam setelah menyelesaikan artikel dan submit di jurnal.”

“Semoga kegiatan ini memotivasi MGMP lainnya untuk memberikan fasilitas untuk guru terus belajar dan berinovasi.” Tutup Rina mengakhiri wawancara 23/7/2020

 

(An)