Inilah Sembilan Perbuatan Penyebab Rezeki Tidak Lancar

OPINI & ARTIKEL39 Dilihat

DKI.KABARDAERAH.COM- Perbuatan yang mengandung dosa tentunya dapat berakibat pada kehidupan kita. Misalnya saja perbuatan-perbuatan tersebut menjadi penyebab rezeki tidak lancar.

Jika Anda merasa sudah bekerja keras tetapi rezeki tetap tidak lancar, mungkin ada 1 dari 9 perbuatan ini telah Anda lakukan.

Dikutip Ringtimesbanyuwangi.com dari kanal YouTube Jamaah Nurul Qolbi, berikut 9 perbuatan penyebab rezeki tidak lancar.

1. Musyrik atau syirik

Syirik adalah menyekutukan Allah dengan sesuatu. Bisa berupa benda, tempat, manusia dan lain sebagainya.

Seperti kita percaya bahwa rezeki yang datang kepada kita adalah karena kita mempunyai benda keramat.

2. Kesempurnaan sholat

Misalkan sekarang kita hanya mengerjakan salat 3 waktu. Maka mulailah melengkapi menjadi 5 waktu.

Jika sudah lengkap 5 waktu pertahankan dengan cara bersegeralah menunaikan kewajiban saat terdengar panggilan adzan. Hindari untuk menunda karena disinilah awal shalat kita akan kembali seperti semula.

3. Durhaka kepada orang tua

Hindari sebisa mungkin menyakiti hati orang tua kita. Apabila Anda pernah berbuat salah atau mengucapkan perkataan yang menyakiti hati orang tua, mulai sekarang segeralah meminta maaf. Karena ridho Allah ada pada ridho orang tua juga.

Apabila orang tua yang sudah meninggal sedangkan kita pernah menyakiti hatinya. Cara meminta maaf adalah dengan mendoakan mereka dengan doa yang baik.

4. Memakan harta yang bukan haknya

Apakah kita memakan harta yang bukan hak kita? Setiap rezeki atau kekayaan yang kita dapat ada hak dari fakir miskin termasuk anak yatim piatu, yakni dua setengah persen.

Untuk itu, sebaiknya sisihkan sebagian yang memang menjadi hak mereka dari penghasilan kita.

5. Berdagang dengan tidak jujur

Apabila kita hendak melakukan jual beli hendaknya tidak mengurangi takaran. Lebihkan sedikit takaran dan niatkan untuk bersedekah. Jelaskan barang tersebut sesuai dengan kondisinya.

6. Menyakiti anak dan istri

Hindari untuk menyia-nyiakan anak maupun istri. Saat merasa kesal dengan kelakuan anak atau istri cobalah untuk mengoreksi diri dulu.

Diskusikan bersama dan temukan akar permasalahannya. Apabila masih belum menemukan titik terang berdoalah dan serahkan semua masalah kepada Allah untuk mencarikan cara yang terbaik.

7. Berbohong

Berbohong demi kebaikan mungkin dibenarkan, tapi perlu diingat kebaikan yang dimaksud adalah kebaikan untuk siapa. Apabila kebaikan untuk diri sendiri atau orang lain secara sepihak, hal itu kurang benar.

Hal ini karena bisa merugikan orang lain yang kita bohongi dan sifat seperti itu membuat kita jauh dari rezeki Allah.

8. Memerintah atau berkuasa dengan sewenang-wenang

Apabila anda sedang menduduki jabatan penting atau menjadi seorang pemimpin dalam rumah tangga hindari untuk menyalahgunakan kewenangan.

Contohnya memudahkan urusan orang lain dalam hal korupsi atau menipu. Contoh lain adalah memperlakukan istri dengan sewenang-wenang.

9. Kurang beramal

Pelit dalam mengeluarkan zakat atau bersedekah sifat ini bisa memicu rezeki kurang lancar. Hukum alam itu berlaku.

Apabila kita mempersulit mengeluarkan sedekah yang menjadikan hak mereka maka Allah akan mempersulit rezeki yang akan datang kepada kita. **