Melihat Dari Dekat Pembuatan Bahan Dasar Jamur Sekam

TERBARU14 Dilihat

Pati, kabardaerah.com – Disela-sela kesibukannya dalam mengerjakan pekerjaan disasaran fisik, Sertu Sutrisno anggota Satgas TMMD Reguler ke-111 Kodim Pati meluangkan waktu untuk berkunjung ke rumah warga. Seperti saat ini Ia berkunjung ke rumah Ibu Hamidah (53) warga Dukuh Pandahan, Desa Tamansari Kecamatan Jaken Kabupaten Pati, Kamis (17/6/2021)

Sutrisno melihat-lihat tempat atau tungku dapur yang dipergunakan untuk mengolah limbah gergajian kayu menjadi media budidaya jamur sekam.

Hamidah menjelaskan, limbah gergajian kayu di ambil dari perusahaan Penggergajian kayu. Daripada dibakar sia-sia dimanfaatkan untuk bahan media jamur tiram. Didesanya ada dua perusahaan penggergajian kayu yang limbahnya bisa dimanfaatkan.

“Ini masih harus di sterilkan lho Pak, bukan langsung di kasih bibit jamur. Masih melalui beberapa proses, yakni menstirilkan dengan cara di panaskan (dikukus) agar bakteri jamur liar mati, agar bibit jamur tiram bisa tumbuh sempurna tanpa ada parasit jamur lainnya.

Lanjut Hamidah, “setelah itu baru masuk tahap pengepakan, yaitu dimasukkan ke dalam kantong plastik dan siap untuk diisi bibit jamur,” pungkasnya (0718)