Paska Panen Padi Ke-2, Warga Desa Tamansari Tanam Kacang Hijau

TERBARU16 Dilihat

Pati, kabardaerah.com – Serda Subakir salah satu anggota Satgas TMMD Reguler ke-111 Kodim Pati terlihat sedang membantu Ibu Sulastri (58) warga RT.02/02 Desa Tamansari Kecamatan Jaken Kabupaten Pati, menanam kacang hijau dilahan sawah miliknya, Kamis (17/6/2021).

Ia terlihat sedang menggunakan alat penancap tanah tradisional yang terbuat dari sebatang kayu, sedangkan Sulastri bertugas memasukkan biji kacang hijau kedalam lubang tanah yang telah dibuat dengan alat tersebut. Mereka terlihat akrab sembari berbincang-bincang tentang prospek tanaman kacang hijau saat ini.

Subakir mengatakan, secara keseluruhan petani Desa Tamansari paska panen padi pada musim tanam ke-2, lahan sawahnya ditanami palawija, yakni kacang hijau. Alasannya, tanaman kacang hijau taman panas dan tidak banyak membutuhkan air. Kacang Hijau bisa tumbuh sempurna hanya dengan air embun pagi.

“Menanam kacang hijau dengan alat penancap tanah (tajo) bukan hal aneh bagi saya. Pasalnya dikampung sudah biasa menggunakan alat bantu ini untuk menanam jagung. Kelihatannya mudah menggunakan alat penancap tanah ini, tapi bagi orang yang belum terbiasa ya sudah juga,” katanya.

Sementara dengan dibantu pekerjaannya oleh TNI Satgas TMMD Sulastri merasa senang dan berterimakasih karena pekerjaan lebih cepat dibandingkan kalau dikerjakan sendirian.

“Terimakasih pak sudah membantu saya, semoga amal kebaikan bapak mendapatkan balasan dari Allah SWT, dan saya doakan semoga bapak bersama rekan-rekannya selalu diberikan kesehatan selama melaksanakan tugas di desa Tamansari,” ungkapnya Sulastri. (0718).