Wujud Rasa Syukur, Masyarakat Gelar Syukuran Sedeqah Bumi

TERBARU12 Dilihat

 

Padang Aro, kabardaerah.com—
Bupati Solok Selatan menghadiri Syukuran Sedekah Bumi ke 76 di Jorong Bukit Malintang, Kecamatan Sangir, Sabtu (3/7/2021).

Sedekah Bumi merupakan acara tradisi turun-temurun yang sudah dilaksanakan oleh warga masyarakat di Jorong Bukit Malintang Barat, dan Jorong bukit Malintang Nagari Lubuk Gadang, Kecamatan Sangir.

Acara syukuran Sedekah Bumi ini pun menjadi silaturahmi kedua kalinya oleh Bupati langsung dengan masyarakat.

Dalam sambutannya, Bupati Solok Selatan H. Khairunas menyampaikan harapan beliau untuk tercapainya kesejahteraan masyarakat Solok Selatan seluruhnya.

Bupati H Khairunas menambahkan, saat ini adalah saatnya pemerintah untuk bekerja melayani masyarakat, dan tidak lagi tentang kontestasi politik.

Sementara itu Juanda, ketua panitia acara syukuran sedekah bumi mengatakan Sedekah Bumi merupakan bentuk rasa syukur kita terhadap Tuhan Yang Maha Esa atas semua karunia yang telah diberikan.

“Sebagian besar masyarakat di sini bertani, karena itu sudah tradisi untuk mensyukuri hasil panen dengan mengadakan syukuran sedekah bumi,” jelas Juanda.

Ia juga mengharapkan, syukuran atas berkah hasil panen hendaknya menjadi berkah juga bagi pembangunan Solok Selatan kedepannya dalam pimpinan Bupati Khairunas dan Wakil Bupati Yulian Efi.

Syukuran sedekah bumi diselenggarakan setiap bulan Zulqaidah menjelang Idul Adha. Dalam acara sedekah bumi, Gunungan berisi aneka hasil bumi akan diarak sepanjang jalan desa.

Gunungan hasil panen menjadi simbol syukur pada Tuhan, dengan harapan mendapatkan hasil panen pertanian yang berkah.

Selain syukuran Sedekah Bumi, digelar juga acara pemotongan tumpeng oleh Bupati H. Khairunas. Sedekah Bumi akan dilanjutkan dengan rangkaian acara lainnya seperti pawai gunungan hasil bumi, pertunjukan wayang kulit, gamelan dan berbagai penampilan kesenian budaya masyarakat suku Jawa, yang sudah sejak dahulu mendiami wilayah Solok Selatan.

Syukuran sedekah bumi ke 76 tahun ini mengangkat tema “Mari Kita Tingkatkan Semangat Membangun Negeri Demi Terwujudnya Kebersamaan dan Kesejahteraan untuk Semua”. (Hy)