Operasi Lancar, Paus Fransiskus Kembali ke Vatikan,Setelah 10 Hari di RS Gemelia,Roma

INTERNASIONAL26 Dilihat

VATIKAN,KABARDAERAH.COM- Puji Tuhan. Paus Fransiskus sudah pulih,setelah menjalani perawatan di Rumah Sakit Gemelli,Roma, sejak Minggu (4/7/2021) lalu. Pucuk pimpinan Gereja Katolik Roma itu diberitaka mengalami penyempitan usus besar yang cukup serius. Paus sempat menjalani operasi besar pertamanya sejak ia menjadi pemimpin gereja Katolik sejagad pada 2013 silam.

“Setelah menjalani perawatan selama 10 hari di RS Gemelli, Roma, Paus Fransiskus akhir kembalik ke Vatikan. Semoga beliau segera sembuh total,” demikian tulis Padre Marco SVD melalui pesan aplikasi whats app yang dikirimkan langsung dari Vatikan,Roma, Senin (12/7/2021) pukul 18.53 waktu Roma.

Laman berita vaticannews.com pada hari yang sama menyebutkan, dalam perjalana ke Vatikan, Pimpinan Gereja Katolik Roma tersebut sempat singgah sejenak di Basilika Utama Santa Maria untuk bersyukur atas keberhasilan operasi ususnya. Ia juga berdoa untuk orang lain sebelum kembali ke rumah, kata Vatikan.

Paus Farnsiskus memang selalu mengunjungi basilika itu setelah perjalanan ke luar negeri untuk berdoa di ikon Perawan Maria.

Ketika keluar dari Rumah sakit Paus Fransikus menumpangkan mobil sedan Ford. Ia meninggalkan Poliklinik Gemelli Roma sekitar pukul 10:45 Waktu Roma.

Diberitakan, setelah jalan mengelilingi Basilika Santa Maria, iring-iringan mobil kecilnya mendekati pintu samping Vatikan dan berhenti sebelum mencapai gerbang, di mana Paus keluar dengan bantuan seorang pengawal.

Paus kemudianmenyapa beberapa penjaga keamanan Italia – dua tentara dan beberapa pengawal sepeda motor polisi Italia – dan kembali ke mobil,yang kemudian melintas melalui gerbang Perugino.

Adapun, tindakan operasi tersebut adalah prosedur yang telah direncanakan dan dijadwalkan awal Juli. Waktu itu agenda audiensinya ditangguhkan dan Paus mengambil beberapa waktu untuk istirahat.

Sementara itu, juru bicara Vatikan Matteo Bruni mengkonfirmasi kembalinya Fransiskus dari rumah sakit dan kunjungannya ke basilika.

“Paus berdoa di hadapan ikon Perawan Maria untuk mengungkapkan rasa terima kasihnya atas keberhasilan operasinya dan memanjatkan doa untuk semua orang sakit, terutama mereka yang dia temui selama tinggal di rumah sakit,” kata Bruni dalam pernyataan pers dilansir vaticannews.va, edisi Rabur,14 Juli 2021.

Akan melakukan perjalan ke luar negeri

Paus Fransiskus, pemilik nama asli Jorge Mario Bergoglio itu lahir di Buenos Aires, Argentina, 17 Desember 1936 ini direncanakan akan melakukan perjalanan ke luar negeri pada bulan September tahun ini. Saat ini Paus memerlukan beberapa minggu lagi untuk pulih sebelum melakukan perjalanan dinasnya.

Berdasarkan agenda kepausan, Kepala Gerejan Katolik Roma ke 266 ini akan mengunjungi Hongaria dan Slovakia pada Minggu-Rabu (12-15/9/2021).

Selanjutnya, Paus Fransiskus akan menghadiri Konferensi Perubahan Iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa 2021,atau dikenal sebagai Konferensi COP26,di Glasgow, Skotlandia pada Nopember tahun ini.

Pihak Vatikan sebelumnya mengatakan,Paus Fransiskus dapat dipulangkan akhir pekan lalu. Namun, dia harus butuh beberapa hari ekstra demi pemulihan lebih lanjut untuk terapi rehabilitasi kesehatannya. ** DL/Sumber, whtas app padre Marco SVD, dan vaticannews.va).