Siapa Nama yang tepat Jadi Pendamping Hendri Septa

SUMBAR.KABARDAERAH.COM-Mengisi kursi Wakil Walikota Padang yang kosong, DPW PAN Sumbar telah mengeluarkan surat rekomendasi untuk dua nama, yakni Ekos Albar dan Amril Amin.

Rekomendasi DPW PAN yang ditujukan ke DPP PAN tersebut ditandatangani Ketua dan Sektetaris DPW PAN Sumbar, Indra Dt Rajo Lelo dan Muhayatul, tertanggal 14 Agustus 2021 lalu.

“Proses penentuan dua nama. itu sudah sejak Mei 2021, termasuk melakukan komunikasi dengan PKS serta meminta masukan pihak internal di PAN Sumbar, akhirnya DPW PAN rekomendasikan dua kader terbaiknya yakni saudaraku Ekos Albar dan Amril Amir ke DPP PAN,” ujar Indra Dt Rajo Lelo, Senin (23/8).

Indra Dt Rajo Lelo mengatakan bahwa awalnya ada empat nama yang mengapung yang disiapkan DPW PAN Sumbar.

Surat rekomendasi DPW PAN Sumbar. (Foto : Dok)

“Tapi hanya dua nama yang betul-betul siap. Makanya dua kader saja kita rekomendasikan ke DPP PAN. Selanjutnya DPW menyerahkan sepenuhnya kepada DPP PAN untuk menjadi bahan pertimbangan,” ujar Indra Dt Rajo Lelo.

Sebelum ini kursi kosong Wawako Padang sudah enam bulan belum terisi, persis sejak Mahyeldi dilantik jadi Gubernur Sumbar dan Hendri Septa dilantik menjadi Walikota Padang.

Bahkan desakan supaya kursi kosong wawako diisi terus disuarakan publik Padang, malah di DPRD Padang juga bersuara bahwa bukan lembaga DPRD yang lambat memproses kursi kosong Wawako Padang itu.

Sebagaimana diketahui, Ekos Albar merupakan seorang pengusaha Minang yang berkiprah di tingkat nasional dengan menjadi pengurus di DPP PAN. Sementara Amril Amin saat ini menjabat Wakil Ketua DPRD Padang dari PAN.

Pendapat salah seorang pengamat yang juga seorang pemuka masyarakat terkait pencalonan Ekos Albar dan Amril Amir sebagai wakil walikota Padang.

Hendri Septa bisa beruntung dan bisa dirugikan dengan pencalonan Ekos Albar dan Amril Amir.

Tentunya Hendri Septa harus selektif dalam mendukung, siapa yang akan menjadi wakilnya. jangan-jangan semua pengorbanan yang sudah dilakukan selama ini akan menjadi sia-sia.

Dari sisi kredibilitas, Amril Amir adalah seorang pebisnis handal, berdomisili di kota Padang. tentu saja jenjang karir yang akan di tempuh Amril Amir adalah sebagai calon Walikota Padang tahun 2024. Dengan demikian, besar kemungkinan akan menjadi pesaing Hendri Septa tahun 2024 mendatang.

Ekos Albar adalah politikus asal Sumbar yang berkiprah di pentas Nasional, kecil kemungkinan Ekos Albar akan menjadi pesaing bagi Hendri Septa di Pilkada mendatang.

Sepertinya Ekos Albar akan memanfaatkan waktu yang tersedia untuk meraup popularitas dan memperkenalkan diri sebagai calon anggota DPR-RI.

Namun, yang paling penting, untuk menjadi pertimbangan adalah Hubungan emosional Ekos Albar dengan berbagai kalangan politikus Nasional cukup baik, sehingga kedepan Walikota Padang akan sangat terbantu dengan terpilihnya ekos Albar sebagai wakil Hendri Septa sebagai walikota Padang.

Namun demikian, semuanya terpulang kepada anggota DPRD kota Padang yang akan melakukan pemilihan.

Siapapun yang menjadi pilihan DPRD kota Padang, sebagai masyarakat, kita berharap yang terpilih dapat membantu Hendri Septa menyelesaikan masalah-masalah yang terjadi di kota Padang setelah ditinggal buya Mahyeldi. (Tim)