Selamat Bertugas Dr. H. Sobandi, S.H., M.H., Sebagai Kepala Biro Hukum dan Humas: Pers dan NGO Wujud Pilar Ke-4

Kabar Daerah|Jakarta

Pergantian dalam tubuh Mahkamah Agung saat ini dipublikasikan melalui Konferensi Pers di Gedung Ruang Media Centre, Jumat (03/09/21) sekitar pukul 09.00 WIB yakni Dr. H. Sobandi, S.H., M.H. yang dilantik pada Senin (30/8) lalu menggantikan Dr. Abdullah yang telah wafat pada Oktober 2020 silam.

Berdasarkan Surat Keputusan Sekretaris Mahkamah Agung Nomor 831 s/d 835/SEK/KP.I/SK/VIII/2021 Tanggal 25 Agustus 2021, Dr. H. Sobandi, S.H., M.H. telah menjadi Kepala Biro Hukum dan Humas di Jajaran Mahkamah Agung.

Acara perkenalan sosok Sobandi yang pernah menjadi Ketua Pengadilan Depok ini mengatakan bahwa kita memiliki 3 pilar dalam Negara ini, Eksekutif, Legislatif dan Yudikatif  serta Pers sebagai pilar ke empat.

Karir Sobandi yang telah berpengalaman lebih dari 20 tahun menjadi hakim, siap untuk berkoordinasi dan komunikasi dengan pihak pers karena dari teori Montesquieu mengatakan bahwa trias politika dengan tiga pilar Legislatif, Eksekutif dan Yudikatif, namun pada zaman modern, ada kekuatan ke empat bernama Pers dan Non Government Organization (NGO).

“Perkembangan zaman modern menjadikan kekuatan Informasi sehingga kami pun selaku pelaku Yudikatif mengerti akan kebutuhan informasi yang media perlukan dan kami siap bekerjasama untuk koordinasi dan komunikasi,” ujar Sobandi yang pernah menangani kasus Syahrini dan Jerinx.

KEPALA BIRO HUKUM DAN HUMAS YANG BARU RESMI DILANTIK

Beliau pun memaparkan perjalanan karir baik dibidang teknis yudisial seperti menjadi hakim di Aceh, hakim di Sungai Penuh Jambi, hakim di Kalimantan Selatan, hakim di Indramayu, Hakim pengadilan Negeri Batam, Wakil Ketua Pengadilan Kayu Agung di Sumatera Selatan, Ketua Pengadilan Sekayu di Sumatera Selatan, Ketua Pengadilan Rantauprapat, Ketua Pengadilan Negeri Depok, Ketua pengadilan Negeri Denpasar, Jubir Pengadilan Denpasar kemudian dua tahun setelah itu Sobandi menjadi Wakil Ketua Pengadilan Jakarta Pusat dan terakhir diangkat menjadi Kepala Biro Hukum dan Humas Mahkamah Agung Republik Indonesia. (ardhi subhan)