Tinjau Persiapan PON XX 2021, Menteri Johnny: Kominfo Dukung Layanan Telekomunikasi dan Media Center

TERBARU10 Dilihat

Kabar Daerah| Jakarta

Penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 Papua tinggal itungan hari. Kementerian Komunikasi dan Informatika telah menyiapkan layanan jaringan telekomunikasi dan fasilitas media center untuk mendukung ajang olahraga empat tahunan itu.
Menkominfo Johnny G. Plate menyatakan layanan telekomunikasi yang dimanfaatkan untuk mendukung PON XX 2021 merupakan bagian pembangunan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi sebagai bagian pelaksanaan tugas Kementerian Kominfo dalam melakukan akselerasi transformasi digital.
“Kunjungan kerja saya hari ini ke Jayapura dengan dua agenda besar. Agenda pertama berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi Kominfo dalam pembangunan nasional, secara khusus terkait akselerasi transformasi digital yaitu menindaklanjuti pembangunan infrastruktur TIK di wilayah Papua dan meninjau kesiapan media center,” ujarnya dalam Konferensi Pers bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Jayapura yang berlangsung secara hybrid, dari Media Center Klaster Kabupaten Jayapura, Papua, Kamis (23/09/2021).
Menurut Menteri Johnny, pembangunan TIK di wilayah Papua dan Papua Barat telah dilakukan secara masif. Oleh karena itu, pemanfaatan hasil pembangunan itu bisa dimanfaatkan untuk mendukung penyelenggaraan PON XX 2021.
“Secara khusus, pembangunan the last mile atau pembangunan Base Transceiver Station (BTS) yang tersebar di seluruh pelosok Papua. Baik di wilayah-wilayah perairan maupun di wilayah tengah pegunungan. Di Provinsi Papua, Kominfo melalui BAKTI telah membangun 213 BTS eksisting 4G dan 244 BTS eksisting 4G di Papua Barat pada tahun 2015 hingga 2020. Pada tahun 2021 ini sedang berjalan dan tahun 2022 nanti (akan tuntas untuk semua wilayah),” paparnya.
Selain menyediakan layanan telekomunikasi yang berkualitas, Kementerian Kominfo juga menyediakan media center di tiga klaster pelaksanaan pertandingan dalam PON XX 2021 Papua.
“Media Center ini ada di Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke. Ketiga Media Center Klaster ini disiapkan Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo dalam upaya mendukung produksi konten-konten positif terkait penyelenggaraan PON XX Papua,” jelas Menkominfo.
Menurut Menteri Johnny, ketiga media center klaster itu, menjadi pendukung Media Center Utama yang berada di PB PON XX Papua. Media Center Utama berada di Kantor Gubernur Papua, Jayapura. Menkominfo menyatakan fasilitas media center bagi jurnalis yang meliput pelaksanaan PON XX 2021 Papua.
“Media Center di tiga cluster ini kami selenggarakan untuk memfasilitasi kawan-kawan media supaya lebih mudah dalam melakukan peliputan berupa pengambilan foto, videom dan membuat narasi untuk memberitakan penyelenggaraan PON XX Papua. Kalau teman-teman media ingin membuat berita di sini, kami menyediakan fasilitasnya berupa 100 kabel jaringan LAN dan ada juga ruangan relaksasi jika para jurnalis ingin beristirahat sejenak setelah melakukan peliputan,” jelasnya.
Dalam kunjungan kerja ke Papua, Menteri Johnny didampingi Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Usman Kansong, Direktur Utama BAKTI Kominfo Anang Latif,  Direktur Layanan Aplikasi Pemerintah Ditjen Aplikasi Informatika Bambang Dwi Anggono, dan Direktur Telekomunikasi Ditjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Aju Widyasari.
Ferdinandus Setu
Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo
e-mail: [email protected]