BKSAP DPR RI : Mitigasi Covid-19 Sudah Sesuai dengan Resolusi PBB

POLITIK112 Dilihat

BANDUNG,KABARDAERAH.COM-Wakil Ketua Badan Kerjasa Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI, Ir. H. Achmad Hafisz Tohir mengatakan, upaya mitigasi pandemi Covid-19 dalam peran serta lembaganya  mengacu pada Resolusi PBB mengenai Kerjasama Internasional Menghadapi Covid-19.

“Jadi, fokus implementasinya pada Revitalisasi SDG’s (Sustainable Development Goals). Hal tersebut mengingat pandemi Covid-19 berdampak pada semua sektor. Selain kesehatan, sektor ekonomi yang paling terdampak.

Pernyataan itu disampaikan paa acara Forum Komunikasi dan Sosialisasi Program Kerja DPR RI dengan Wartawan Koordinatoriat Parlemen, bertema ‘Optimalisasi Tugas dan Fungsi DPR di Tengah Pandemi’, di Hotel Grand Aquila, Bandung, (24/9/2021).

Legislator Sumatera Selatan ini menyebut, terdapat dua hal yang diingatkan Sekjen PBB dalam pandemi Covid-19 ini.

“Pertama, pandemi Covid-19 menjungkirbalikkan tatanan kehidupan manusia. Kedua, pandemi Covid-19 juga memicu resesi global yang sangat parah. Untuk itu perlu penguatan solidaritas, sinergi, dan kolaborasi antar masyarakat pada skala global dan nasional,” imbuh Hafisz yang saat ini duduk di Komisi XI DPR RI membidangi Perbankan dan Keuangan itu.

Ia menguraikan, bahwa pada pertemuan BKSAP DPR RI dgn OECD (Organisation for Economic Co-operation & Development) dalam Virtual Exchange with the Authors of The 2021 Economic Survey of Indonesia di Tangerang baru-baru ini, ada tiga kelompok besar yang penting untuk diperhatikan, dimana salah satunya adalah kinerja makro ekonomi.

Lanjutnya, OECD menilai, kenaikan Defisit APBN 2020 sebesar 6,14% akan menjadi beban ke depan jika tidak dikontrol dengan baik. Selain itu juga perlu diperhatikan tax ratio yang terus mengalami penurunan akibat pandemi Covid-19. Untuk itu perlu kehati-hatian dalam pengelolaan fiskal ke depan.

Diketahui, acara Press Gathering Forum Komunikasi dan Sosialisasi Kinerja DPR dengan tema Optimalisasi Tugas dan Fungsi DPR di tengah pandemi, yang berlangsung Jumat-Minggu (24-26/9/2021).

Selain Achmad Hafisz Tohir, hadir juga Dr.Ir.Indra Iskandar,M.Si (Sekretariat Jenderal) DPR RI, Dra. Damayanti,M.Si (Deputi Bidang Persidangan DPR RI), Dr.Inosentius Samsul,S.H., M.Hum (Kepala Badan Keahlian) DPR.RI, Pimpinan dan Staf Bagian Pemberitaan Media Cetak, Elektronik, Online DPR.RI, DPD.RI dan MPR.RI,serta anggota Koordinatoriat Wartawan Parlemen. ** DL.