Penutupan PON XX di Papua Dihadiri Wapres Juga Anggota DPR RI dari Fraksi Nasdem

TERBARU10 Dilihat

JAKARTA, KABARDAERAH – Penyelenggaraan PON XX di Papua secara resmi berakhir pada hari ini. Acara penutupan dihadiri langsung oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin, yang berlangsung di Stadion Lukas Enembe Jayapura, pada Sabtu (16/10).

Dalam sambutannya Wapres Ma’ruf Amin memuji pelaksanaan PON XX yang dianggapnya sukses walau sempat diragukan banyak pihak.

“Sejarah akan mencatat bahwa PON yang untuk pertama kalinya dilakukan di bumi cenderawasih, berlangsung sukses. PON ini diselenggarakan dalam kondisi pandemi Covid-19 yang menuntut kerja ekstra dalam menerapkan protokol kesehatan, tapi ternyata Papua berhasil menyelenggarakannya dengan sempurna, ini sesuai dengan semboyan torang bisa,” katanya.

Sementara itu Anggota DPR RI dari Fraksi Nasdem, Lisda Hendrajoni juga mengapresiasi pelaksanaan PON XX di Papua. Menurut Lisda PON Papua bukan hanya tentang olahraga, namun tentang bangsa, tentang keadilan dan pemerataan pembangunan.

“ Penyelenggaraan dan sukses PON XX Papua merupakan bukti nyata adanya perhatian dan tekad pemerintah untuk mewujudkan pembangunan nasional yang adil dan merata,” ujarnya.

Lisda yang sempat meninjau langsung persiapan pelaksanaan PON XX di Papua, mengakui kematangan persiapan dari penyelenggara bahkan hingga ditutup seluruh perlombaan berlangsung dengan sukses aman dan lancar.

“Saat peninjauan kami memastikan seluruh persiapan, mulai dari arena dan venue, serta pembangunan stadion hingga lokasi mess atlet. Kami juga memastikan kekuatan pengamanan selama pelaksanaan PON berlangsung, dan Alhamdulillah hingga hari ini (penutupan) berjalan dengan aman dan lancar,” ungkapnya.

“ Secara khusus kita memberikan apresiasi kepada aparat TNI dan Polri serta pemerintah daerah atas berbagaai upaya yang dilakukan sehingga perhelatan PON terbebas dari gangguang keamanan,” sambungnya.

Meskipun perhelatan PON XX sudah resmi ditutup, Lisda menyatakan semangat kebersamaan dan persatuan dalam bingkai NKRI harus tetap berjalan. Ia pun berharap, semestinya dapat kesuksesan PON XX dapat membuka mata dan hari kelompok tertentu yang masih merasa tidak diperhatikan dan ingin merdeka.

“ Penyelenggaraan PON Papua yang sukses semestinya membuka mata kelompok tertentu di Papua yang masih merasa tidak diperhatikan dan ingin merdeka. Justru PON XX ini menjadi monumen megah mengenai pemerataan pembangunan dan keadilan,” tegasnya.

Lisda juga mengingatkan bahwa sukses PON XX Papua, tidak hanya sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, tetapi juga sukses mempertanggungjawabkan keuangan sehingga tidak bermasalah seusai PON.

Srikandi Partai Nasdem tersebut juga berpesan agar, berbagai infrastruktur PON yang telah dibangun megah di Tanah Papua harus dijaga dan dirawat secara baik demi kemajuan dan pemberdayaan putra-putri Papua ke depan, khususnya di bidang olahraga.

Terakhir khusus untuk Atlet asal Sumatera Barat, Lisda mengucapkan terima kasih atas perjuangannya dalam mengharumkan nama daerah pada ajang PON XX Papua. Bagi para Atlet yang berhasil meraup medali, Lisda mengucapkan Selamat, dan yang belum tetap semangat dan tetap berjuang untuk perhelatan olahraga berikutnya.

“Selamat datang di Ranah Minang. Terima kasih kepada seluruh Atlet dan kontingen asal Sumatera Barat atas perjuangan dalam mengharumkan Ranah Minang di kancah Nasional. Bagi yang belum berhasil mendapatkan medali, tetap semangat dan persiapkan untuk perhelatan selanjutnya,” pungkas anggota DPR RI dari Sumatera Barat tersebut.

(Efrizal)