Tips Mudah Beli Sepatu Online Berkualitas dan Sesuai dengan Ukuran

Membeli barang secara online sekarang ini sudah menjadi hal lumrah dilakukan. Barangnya sendiri pun sangat beragam, mulai dari kebutuhan rumah tangga, fashion item, sampai dengan berbagai makanan. Salah satu masalah yang sering terjadi adalah dalam hal ukuran, baik itu saat membeli baju atau sepatu, akan jadi masalah jika Anda belum terbiasa membeli secara online.

Apalagi, tidak jarang ukuran sepatu berbeda dari satu brand ke lainnya. Misalnya saja ingin beli sepatu Airwalk atau Nike, harus tahu standar ukuran yang dimiliki. Terlebih jika ini merupakan kali pertama membeli sepatu, perlu banyak yang harus dicari informasinya. Maka dari itu, akan diberikan pembahasan tips saat beli sepatu online supaya tidak salah ukuran.

  1. Ukur Kaki Sebelum Beli

Tips pertama yang perlu Anda lakukan sebelum berburu sepatu di online shop, misalnya saja Blibli, adalah mengukur kaki. Meski selama ini Anda sudah mengetahui ukuran kaki misalnya 38 atau 39, ukur lagi dengan teliti. Supaya dapatkan angka yang pasti, ukurlah di sore hari.

Alasan kenapa Anda perlu mengukur kaki di sore hari, karena menurut ahli, kaki melar sempurna saat sore hari. Saat kaki sudah digunakan beraktivitas di pagi dan siang hari, peredaran darah akan lancar dan kaki dalam ukuran maksimalnya. Jadi, Anda tidak akan khawatir sepatu yang dibeli akan kekecilan.

  1. Bacalan Deskripsi dengan Teliti

Selanjutnya, supaya Anda dapatkan barang yang benar-benar berkualitas dan pas di kaki, bacalah deskripsi dengan teliti. Penjual yang terpercaya dan bertanggung jawab, akan memberikan deskripsi dengan lengkap. Mulai dari bahan pembuatnya, ukurannya, harganya, warnanya, stok, cara pembeliannya, dan lain sebagainya.

Di bagian deskripsi baca dengan hati-hati di bagian ukuran sepatu atau size chart. Biasanya, akan diberikan keterangan tentang ukuran dengan lebih detail. Misalnya saja, ukuran 38 memiliki ukuran 24,5 cm sampai 25 cm. Kemudian, sesuaikan dengan size kaki seperti yang telah diukur sebelumnya.

  1. Beli Merek Langganan

Supaya tidak perlu susah-susah lagi memikirkan ukuran, Anda bisa membeli merek sepatu langganan yang selama ini dibeli. Jika sudah sering membeli, Anda pasti tahu ukuran yang pas. Meski begitu, tetap perlu memperhatikan size chart yang disediakan ya. Karena bisa saja ada kemungkinan ukuran tersebut dibuat lebih kecil atau lebih besar dari model lainnya.

  1. Baca Review Pembeli Sebelumnya

Jika baru pertama kali membeli sepatu di online store yang dipilih, salah satu cara untuk memastikan kualitas barang adalah dengan memperhatikan review para pembeli sebelumnya. Tidak jarang, para pembeli sebelumnya juga menyertakan video dan foto, hal tersebut juga bisa menjadi pertimbangan tambahan.

Selain itu dalam hal ukuran, jika ada perubahan pasti ada beberapa pembeli yang membahasnya. Jadi, dalam hal ini Anda akan bisa lebih waspada untuk membeli. Selain kualitas barang dan ukurannya, biasanya juga akan ada review mengenai pelayanan dari toko tersebut, jadi jika dirasa tidak memberikan pelayanan sesuai yang diinginkan, bisa pindah ke tempat lain.

  1. Beli di Official Store

Supaya mendapatkan barang kualitas bagus dan original, sangat disarankan untuk membelinya di official store atau toko-toko resmi. Mengikuti perkembangan dalam dunia belanja, sekarang ini hampir semua merek ternama memiliki official store di berbagai marketplace. Jika barang sedang habis di official store, setidaknya Anda bisa melihat kisaran harga yang ditawarkan.

Tidak hanya mendapatkan barang original saja, biasanya official store ini menawarkan paket bundling yang menggiurkan. Keluarnya pun juga lebih cepat dibandingkan dengan offline store.

  1. Perhatikan Kebijakan Pengembalian

Guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, Anda perlu memerhatikan berbagai kebijakan pengembalian yang telah ditentukan. Misalnya saja harus disertai dengan video unboxing serta tenggat waktunya. Karena tidak bisa dipungkiri, beli barang online akan banyak tangan yang ikut campur, mulai dari toko, pihak pengiriman, kurir ke rumah, dan lainnya.

Bahkan, meski Anda sudah membeli di official store sekalipun, tetap harus membaca berbagai kebijakan pengembalian yang ditetapkan. Jangan khawatir, jika prosedurnya tepat, barang akan diganti.

  1. Beli Barang di Situs Bisa Perbesar Produk

Salah satu tantangan terbesar saat membeli barang secara online adalah tidak bisa melihat secara langsung benda yang ingin dibeli. Untungnya, sekarang ini makin banyak marketplace yang memiliki fitur untuk memperbesar barang. Jadi, Anda bisa melihat barang tersebut dari berbagai sudut pandang yang diinginkan.

Seperti halnya di situs Blibli, Anda bisa melihat barang dengan cara di-zoom dengan leluasa. Caranya sangat gampang sekali, Anda tinggal mengklik gambar atau mengarahkan kursor ke gambar yang diinginkan. Bahkan, sekarang ini sudah semakin banyak video mengenai produk yang ditawarkan.

Demikian pembahasan tentang tips membeli sepatu secara online untuk dapatkan ukuran yang pas dengan kualitas yang bagus. Mulai dari ukur kaki sebelum membeli sampai dengan membeli di situs yang dapat memperbesar produk. Sangat memudahkan sekali, bukan? Tinggal pesan, barang bisa diantar sampai depan rumah. Pembayarannya pun juga bisa dilakukan di rumah atau cash on delivery (COD) jika tidak memiliki uang di e-wallet atau rekening.