Mari Ketahui Sedikit Info Munculnya Pimpinan Akhir Zaman

DAERAH, TERBARU38 Dilihat

KabarDaerah.com-Simak informasi tentang AL IMAM AL MAHDI, ciri-ciri, tanda kemunculan yang dikisahkan akan mengalahkan DAJJAL bersama Nabi ISA AS.

 

Kiamat kubra tidak akan terjadi sebelum kemunculan Imam Mahdi. Imam Mahdi bukanlah sebuah nama, melainkan julukan yang disandang oleh seorang laki-laki pilihan Allah SWT yang akan memimpin umat Islam kelak.

 

Menurut Ensiklopedi Islam, Imam Mahdi adalah seorang juru selamat di akhir zaman yang dipilih oleh Allah SWT untuk menghancurkan semua kezaliman dan menegakkan keadilan di muka bumi. Imam Mahdi memiliki nama seperti Rasulullah SAW.

Sementara itu hadis lainnya menerangkan ciri-ciri fisik Imam Mahdi. Rasulullah bersabda:
“Al-Mahdi berasal dari umatku, berkening lebar, berhidung panjang dan mancung. Ia akan memenuhi bumi ini dengan keadilan dan kemakmuran, sebagaimana keadaan bumi sebelum itu dipenuhi oleh kezhaliman dan kesemena-menaan, dan ia berumur tujuh tahun.” (Hadis Hasan, diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud dan Al-Hakim dari Abi Sa’id Al Khudri).
Demikian pula nama ayahnya yang seperti nama ayah Rasulullah. Diriwayatkan dari Abdullah bin Masud RA, Rasulullah SAW bersabda:
”Jika tidak tersisa satupun hari di dunia kecuali sehari saja, niscaya Allah akan memperpanjang hari itu dan mengirim seorang pria dari keluargaku, namanya sama dengan namaku, dan nama ayahnya nama ayahku, dia akan menebarkan kebijaksanaan dan keadilan di dunia, saat dunia dipenuhi dengan kezaliman dan ketidakadilan.”

 

Sosok Imam Mahdi memang di yakini oleh umat islam sebagai salah satu manusia yang dikisahkan akan bertarung mengalahkan Dajjal pada hari akhir.

 

Kemunculan Imam Mahdi juga bisa dilihat akan ciri serta tanda-tanda seperti di beberapa riwayat yang sudah menyebutkan.

 

Imam Mahdi dikisahkan dalam berbagai riwayat bahwa kemunculannya merupakan salah satu tanda akhir zaman atau hari kiamat.

Merujuk pada  Ensiklopedi Islam, Imam Mahdi merupakan sosok juru selamat akhir zaman yang dipilih Allah SWT.

 

Dalam Hadis yang diriwayatkan oleh At Tirmizi, Rasulullah pernah bersabda tentang ciri-ciri Imam Mahdi yang akan muncul pada akhir zaman.

 

”Jika tidak tersisa satupun hari di dunia kecuali sehari saja, niscaya Allah akan memperpanjang hari itu dan mengirim seorang pria dari keluargaku, namanya sama dengan namaku, dan nama ayahnya nama ayahku, dia akan menebarkan kebijaksanaan dan keadilan di dunia, saat dunia dipenuhi dengan kezaliman dan ketidakadilan.”

 

Melalui beberapa riwayat hadis, Imam Mahdi bisa pahami dengan ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Berasal dari keturunan keluarga Nabi Muhammad SAW.
  2. Dia akan menguasai bangsa Arab atau seluruh dunia Islam menurut sebagian penafsiran.
  3. Namanya sesuai dengan nama Rasulullah dan ayahnya. Artinya namanya kemungkinan adalah Muhammad bin Abdullah.
  4. Berkening lebar
  5. Berhidung panjang dan mancung.

 

Selain itu Imam Mahdi juga akan menjadi pemimpin yang adil dengan menghilangkan semua kedzoliman dan ketidakadilan di muka bumi.

 

Kemunculan Imam Mahdi bisa didahului melalui beberapa tanda-tanda yang disebutkan dalam beberapa hadist:

  1. Muncul ketika terjadi banyak kerusakan di Bumi Imam Mahdi akan muncul menjelang akhir zaman. Namun, kemunculannya akan diketahui sebelum kiamat. Saat itu bumi akan diguncang oleh berbagai musibah seperti, bencana alam, peperangan, dan lainnya. Pada saat itulah Imam Mahdi diyakini akan muncul.
  2. Berada di Madinah Dalam riwayat Ahmad dan Abu Dawud dari Ummu Salamah. Riwayat Ibnu Abi Syaibah dan Thabrani dalam Al Ausath. Rasulullah SAW bersabda: “Akan terjadi suatu perselisihan ketika wafatnya seorang khalifah. Maka keluarlah seorang laki-laki dari penduduk Madinah dan ia lari ke Mekah. Lalu datanglah kepadanya orang-orang yang berasal dari penduduk Mekah, dan mereka membawa laki-laki itu dengan paksa kemudian membai’atnya antara sudut Kakbah dengan maqam Ibrahim.” Dalam Hadis ini Rasulullah menerangkan tentang munculnya Imam Mahdi ialah ketika salah seorang pemimpin meninggal dan akan lahir Imam Mahdi.
  3. Saat memimpin suatu kaum dipenuhi dengan kemakmuran, Ketika Imam Mahdi memerintah, bumi akan dipenuhi dengan keadilan dan kemakmuran. Dalam sebuah hadis riwayat Ibnu Majah juga diteranagkan masa pemerintahan Imam Mahdi selama 7 atau 9 tahun.
  4. Akan memimpin sholat di depan Nabi Isa

 

Nabi Isa AS yang kembali diturunkan ketika akhir zaman, beliau akan ikut shalat bersama di belakang Imam Mahdi. Hal tersebut juga diriwayatkan oleh Jabir bin ‘Abdillah dari sabda Rasulullah SAW berikut;

 

”Sekelompok dari umatku ada yang akan terus membela kebenaran hingga hari kiamat. Menjelang hari kiamat turunlah ’Isa bin Maryam. Kemudian pemimpin umat Islam saat itu berkata, ”(Wahai Nabi Isa), pimpinlah shalat bersama kami.” Nabi ’Isa pun menjawab, ”Tidak. Sesungguhnya sudah ada di antara kalian yang pantas menjadi imam (pemimpin). Sungguh, Allah telah memuliakan umat ini.” (HR. Muslim).

 

Demikian sekelumit informasi tentang Imam Mahdi, ciri-ciri, tanda kemunculan dan dikisahkan akan mengalahkan Dajjal bersama Nabi Isa diakhir zaman