Ini Loh 5 Ekstrakurikuler di SMA yang Paling Bermanfaat

BERITA UTAMA62 Dilihat

Ekstrakurikuler biasanya menjadi salah satu kegiatan yang sangat disukai oleh para siswa. Selain menjadi wadah untuk menyalurkan hobi dan bakat adanya macam-macam ekstrakurikuler di sekolah membuat siswa memiliki kesempatan menambah teman sekaligus wawasan. Bahkan tidak jarang ada siswa yang berhasil meraih prestasi membanggakan berkat kegiatan ekstrakurikuler yang diikutinya.

Kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan diluar jam pelajaran sekolah juga bermanfaat sebagai media refreshing dan bermain yang bermanfaat bagi siswa. Saat kegiatan ekstrakurikuler inilah para siswa bisa leluasa melepaskan kepenatannya setelah mengikuti proses belajar mengajar di kelas. Dan tentunya dari kegiatan ekstrakurikuler tersebut siswa akan memperoleh manfaat yang positif.
Contoh Ekstrakurikuler SMA yang Bermanfaat

Anak-anak usia SMA yang sedang berada di masa puber akhir dan awal masa remaja umumnya cenderung membutuhkan media untuk berekspresi. Nah, ekstrakurikuler di sekolah dapat dijadikan media mengekspresikan diri yang membawa manfaat positif bagi masa depan. Apa saja ekstrakurikuler di SMA yang bisa memberikan manfaat? Cek daftarnya berikut ini:

1. Pramuka
Pramuka adalah ekstrakurikuler wajib di setiap sekolah sehingga pastinya semua siswa akan menjadi anggotanya. Kegiatan di dalam Pramuka sangat bermanfaat bagi pengembangan diri, pembentukan karakter, menumbuhkan semangat gotong royong dan sebagainya. Agar bisa menjadi anggota Pramuka yang bermanfaat bagi diri sendiri, orang lain dan masyarakat lingkungan sekitar sudah seharusnya setiap siswa mengamalkan Tri Satya Pramuka dalam kehidupan sehari-hari.

2. Paskibra
Salah satu dari macam-macam ekstrakurikuler yang sangat bermanfaat adalah Pasukan Pengibar Bendera disingkat Paskibra. Ikut ekskul Paskibra akan melatih sikap disiplin pada diri siswa. Selain itu Paskibra juga sangat baik dijadikan sebagai kegiatan untuk melatih konsentrasi siswa. Aba-aba dan gerakan dalam baris berbaris tentu saja membutuhkan fokus yang baik supaya tidak terjadi kesalahan.

3. Palang Merah Remaja (PMR)
Ingin masuk Fakultas Kedokteran dan bercita-cita menjadi seorang dokter di masa depan? Kalau iya tidak ada salahnya ikut ekskul Palang Merah Remaja atau PMR. Melalui PMR siswa dapat berlatih bagaimana memberikan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) kepada orang lain.

Sebagai anggota PMR siswa juga akan menjadi lebih tahu bagaimana cara menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Disamping itu PMR menjadi salah satu jenis ekskul yang cukup sering dilombakan sehingga dapat menambah pengalaman.

4. Olahraga
Jenis kegiatan ekstrakurikuler yang juga cukup banyak peminatnya adalah olahraga. Ada banyak jenis olahraga yang memberikan manfaat bahkan bisa menjadi jalan untuk meraih prestasi. Pilih jenis olahraga apa yang paling diminati dan tekuni dengan serius maka bukan tidak mungkin suatu saat nanti dapat menjadi seorang atlet nasional. Contoh ekskul olahraga di sekolah misalnya sepakbola, futsal, beladiri, basket, voli, badminton, atletik dan masih banyak lagi.

5. Kesenian
Satu lagi jenis kegiatan ekskul yang bermanfaat dan bisa dijadikan penyaluran hobi adalah kesenian. Sama seperti olahraga ekskul kesenian juga terdiri dari beberapa pilihan seperti menggambar, seni suara, seni musik, marching band, karawitan, paduan suara dan lain-lain.

Selain menjadi ajang menyalurkan hobi dan bakat kesenian juga dapat digunakan sebagai wadah berkreasi.

Tidak jarang dengan ketekunan berlatih seorang siswa bisa meraih prestasi hanya karena bergabung dengan ekskul kesenian di sekolah. Beberapa lingkup ekskul seni adalah band, choir, teater, tari, kriya, lukis, hingga fotografi.

Diantara sekian banyak macam-macam ekstrakurikuler yang biasanya ada di SMA tersebut pastinya ada satu atau dua yang sesuai minat kamu. Pilih yang paling cocok dan jalani dengan serius siapa tahu bisa menjadi jalan meraih masa depan yang gemilang.

Kegiatan ekstrakurikuler yang bermacam-macam tersebut tentunya juga membutuhkan fasilitas memadai sebagaimana yang dapat ditemui siswa di SMA Dwiwarna (Boarding School) Bogor, Jawa Barat. Dengan fasilitas pendidikan yang memadai, siswa bisa mendapatkan dukungan terbaik untuk meraih semua prestasinya.