Penilaian Lomba Desa Tahun 2022 di Desa Kersik Putih Dipimpin Langsung Kepala Dinas PPMD.

Kabardaerah. Com-ll Selasa, (28/03/2022) bertempat di Desa Kersik Putih dilaksanakan evaluasi perkembangan desa dan kelurahan yang dipimpin langsung oleh kepala Dinas Pemerintahan Pemberdayaan Masyarakat Desa ( PPMD ) Tanah Bumbu Samsir, SE. MAP.

Evaluasi tersebut berkenaan dengan acara lomba desa sekabupaten Tanah Bumbu tahun 2022 yang salah satu persertanya Desa Kersik Putih.

Dalam acara ini juga berhadir camat Batulicin seluruh kepala desa, ketua BPD, ketua karang taruna sekecamatan batulicin serta tokoh tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Dalam sambutannya kepala desa kersik putih Rudi Hartono menyampaikan bahwa berdasarkan penilaian tim kecamatan selama dua tahun terakhir mengalami kemajuan yang cukup signifikan maka desa kersik putih di tunjuk mewakili kecamatan Batulicin dalam lomba desa tahun 2022.

Kepala desa juga memaparkan sekilas tentang Desa Kersik Putih, yang berdiri bermula dari sejarah kerjaan batulicin.

Sejak berdiri tahun 1914 sampai sekarang, masyarakat diharapkan jangan melupakan sejarah berdirinya Desa Kersik putih ini. Sedangkan dari sejak berdirinya sampai sekarang sudah 11 orang yang memimpin desa ini.

Adapun sumber PAD yang jadi unggulan desa ini adalah sektor pertanian pangan, perternakan, sektor perumahan dan kedepan akan dibuka juga sektor pariwisata ungkapnya.

Selain itu juga perlu dilakukan penataan kota agar keindahan desa tetap terjaga, semua itu juga bisa dilaksanakan atas kerja sama masyarakat desa dengan pihak pemerintahan desa dan campur tangan pemerintah daerah sehingga menjadi desa yang mandiri pungkasnya.

Camat Batulicin H. Suryadi. S. Sos. M. Sos. mengatakan bahwa tujuan dilaksanakan lomba Desa adalah untuk melihat peningkatan dan kemajuan desa serta mengajak masyarakat untuk sama sama membangun desanya, dan penunjukan desa kersik putih bukan hal yang kebetulan tapi kerna penilaian dari tim kecamatan yang melihat kemajuan yang cukup pesat dan berhak menjadi pemenang di tingkat kecamatan untuk mewakili kecamatan batulicin dalam lomba desa tingkat kabupaten tandasnya.

Selaku ketua Tim evaluasi Samsir, SE. MAP menyampaikan bahwa kehadiran tim evakuasi perkembangan desa dan kelurahan adalah sebagi motivasi bagi desa untuk bisa lebih maju lagi, dan lomba desa ini salah satu cara agar gotong royong selalu tetap terpelihara yang menandakan bahwa desa itu maju dan mandiri mudah mudahan lomba desa menjadi pemicu semangat gotong royong masyarakat sehingga desa kersik putih menjadi desa yang mandiri sukses dan sejahtera pungkasx. (hai)