116 Prajurit TNI AU Satgas TNI Konga UNIFIL 2022, Rayakan Idul Fitri 1443 H di Naqoura Lebanon

Jakarta, KabarDaerah.com – Sebanyak 116 prajurit TNI AU yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) TNI Kontingen Garuda (Konga) UNIFIL 2022 merayakan Idul Fitri 1443 di markas Indobatt, Naqoura, Lebanon.

Meski jauh dari keluarga dan sanak saudara, kegembiraan jelas terlihat di wajah-wajah mereka. Bersama dengan ratusan prajurit TNI lainnya di Indobatt, prajurit TNI AU yang beragama Islam juga melaksanakan sholat Idul Fitri di halaman Markas Indobatt.

Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau)., Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah, S.Sos mengatakan, para prajurit TNI AU saat ini sedang melaksanakan tugas negara dengan mengemban misi PBB. Para prajurit TNI AU bersama-sama prajurit TNI lainya tengah melaksanakan tugas menjaga perdamaian Peace Force Keeping di wilayah Lenanon.

“Karena tugas negara, para prajurit TNI AU rela merayakan Idul Fitri di negara lain, meskipun jauh dari keluarga dan berada di daerah konflik, mereka tetap bersemangat merayakan Idul Fitri,” ucap Indan Gilang di Jakarta, Jum’at (06/05/22).

Indan Gilang menerangkan, bahwa Satgas TNI Konga UNIFIL 2022, merupakan Satuan yang bertugas menjalankan misi perdamaian di Lebanon dengan lokasi dan tugas yang berbeda.

“Kontingen Garuda 2022 terbagi dalam beberapa Satgas, yaitu Indobatt yang bermarkas di 7-1 Adchit Al Qusayr, MTF, MPU serta 5 satgas lainnya yaitu FHQSU, FPC, MCOU, CIMIC, Level 2 Hospital yang berada di HQ Unifil Naqoura,” ujar Indan Gilang.

Indan Gilang juga menyampaikan, Indobatt terdiri dari beberapa kompi yang secara umum bertugas melaksanakan penjagaan dan patroli di area Blue Line dan sekitarnya.

Sementara, lanjut Indan Gilang, MTF (Maritime Task Force) merupakan satgas KRI yang bertugas melaksanakan patroli laut di area perbatasan.

MPU (Military Police Unit) merupakan Satgas Polisi Militer yang berada di sektor timur.

“Ada tujuh prajurit TNI AU tergabung dalam Satgas MPU yang bertanggungjawab atas penegakan hukum untuk seluruh kontingen yang berada di bawah sektor timur,” tutup Indan Gilang.

 

Sumber  :  Dispen AU