Lestarikan Kearifan Lokal, Bupati Bengkulu Selatan Segera Hadirkan Wisata Kuliner Tradisional

BENGKULU46 Dilihat

Kabardaerah.com – Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi meninjau lokasi di lapangan Sekundang, yang akan dijadikan area kuliner malam yang diberi nama ‘Cinta BS Night Market’, Senin (20/06/22).

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkulu Selatan terus berupaya mendukung pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), salah satunya dengan menghadirkan pusat kuliner malam tersebut, yang saat ini telah memasuki tahapan persiapan, dan dalam waktu dekat akan segera di launching.

“Pusat kuliner ini sebagai salah satu upaya untuk mendorong UMKM kuliner makin maju karena brand makanan dan minuman lokal tidak kalah dengan luar negeri,” ungkap Bupati Gusnan.

“Ini merupakan salah satu hal positif, mendorong kuliner lokal seperti lemang, tapai entah itu serawaw, atau bungkul, kue tat, lempai serta jajanan tradisional lainnya, adapun yang berjualan jajanan kekinian kita persilahkan. Kami juga sedang kampanye agar masyarakat mengkonsumsi brand lokal,” tambahnya.

Ditambahkan bupati Gusnan, bahwa dengan adanya wisata kuliner malam ini, diharapkan dapat memberikan hal positif bagi masyarakat terutama muda-mudi di Bengkulu Selatan.

“Yang biasanya nongkrong di pinggir jalan, balap-balap liar, nantinya mungkin akan bergeser ke wisata yang kami sediakan, adapun fasilitas nya, kami akan sediakan WiFi gratis yang diusung langsung oleh pihak Icon plus, sarana dan prasarana lain seperti gedung untuk pentas, gedung perpustakaan akan di bangun serta akan kita adakan event-event di setiap minggunya, entah itu Band² lokal yang akan tampil, ataupun kesenian lokal yang akan kita tampilkan,” jelas Bupati Gusnan.

Melalui ide ini, selain dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, diharapkan juga dapat melestarikan kearifan lokal. Diantaranya menanamkan rasa cinta terhadap kebudayaan, promosi kebudayaan, serta menjadikan Budaya sebagai Identitas.