Syafitri Jelaskan Peran Moderasi Beragama Dalam Ibadah Haji

Palembang, KabarDaerah. com- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan Syafitri Irwan melepas keberangkatan Jama’ah Calon Haji (JCH) kloter 4 Embarkasi Palembang. Acara berlangsung di aula Asrama haji Embarkasi Palembang, Selasa (28/6/2022).

Adapun yang dilepas oleh Syafitri adalah JCH asal kabupaten Muara Enim, Kabupaten PALI, dan Kota Palembang. Untuk Jama’ah asal Provinsi Babel telah telah lebih dahulu berada di Ruang Tunggu Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang pagi tadi.

Kakanwil Kemenag Sumsel Syafitri Irwan dalam arahannya berpesan kepada JCH untuk memastikan seluruh jamaah agar sudah memakai pakaian Ihrom semenjak di Asrama Haji jelang keberangkatan, pasalnya JCH tersebut berangkat di gelombang ke dua dan langsung melaksanakan Umroh terlebih dahulu sementara waktu sangat sangat singkat dikhawatirkan tidak cukup waktunya dan terhindar dari DAM sanksi.

Kakanwil juga berpesan kepada JCH kepada seluruh jama’ah bahwa ditanah suci mereka pasti menemukan berbagai perbedaan baik itu fisik, hingga cara beribadah, untuk itu jama’ah diharuskan untuk menghormati segala perbedaan.

“Di tanah air saja kita temukan perbedaan tersebut, apalagi nanti ditanah suci yang berbagai umat Muslim dari segala penjuru negeri yang sudah pasti ada perbedaan. Nah disinilah salah satu konsep moderasi beragama itu digunakan,” papar Kakanwil.

Turut hadir pada acara pelepasan kloter 4 Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh (Kabid PHU) H. Armet Dachil, Kepala Kantor kemenag Kabupaten Muara Enim H. Azhari Rahardi, Kepala Kemenag Kabupaten PALI H. Muhammad Makki dan Kepala Kemenag Kabupaten Banyuasin H. Arkan Nurwahidin.

Jama’ah calon haji kloter keempat ini diberangkatkan melalui bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang dengan pesawat Saudi Airlines dengan nomor penerbangan SV 5045 yang take off pada pukul…. WIB.

(Ocha)