Utamakan Wajib Biasakan Sunnah, Motto Penanaman Nilai Karakter di MTsN 10 Tanah Datar

ADVERTORIAL132 Dilihat

Kabardaerah.com | MTsN 10 Tanah Datar dibawah pimpinan Rika Maria merupakan salah satu Madrasah terbaik yang berada di Kecamatan Sungayang Kabupaten Tanah Datar. Ditambah lagi, telah berhasil meraih serentetan prestasi baik, oleh kepala madrasah, pendidik, maupun prestasi yang diraih oleh peserta didik.

Dari serentetan prestasi tersebut, MTsN 10 Tanah Datar di bawah kepemimpinan Rika Maria dinobatkan sebagai madrasah Adiwiyata dan pada tahun ini diajukan untuk menjadi Madrasah Adiwiyata Nasional, madrasah Ramah Anak dan Madrasah Riset serta pernah meraih Juara 1 Lomba UKS Tingkat Kabupaten Tanah Datar.

Presatasi yang sangat membanggakan juga diraih oleh kepala madrasah, sebagai Kepala Madrasah dengan kinerja terbaik 1 pada Penilaian Kinerja Kepala Madrasah Tsanawiyah Tingkat Propinsi Sumatera Barat ditahun 2021.

Hal ini melengkapi Prestasi Rika Maria yang pernah menjadi Kepala Madrasah Berprestasi ( Juara 1) Tingkat Sumatera Barat dan Meraih Peringkat 3 di Tingkat Nasional, di samping itu Rika Maria juga merupakan Ketua Penulis Penggiat Literasi (KPPL) Kabupaten Tanah Datar.

Pada tahun ini diberikan Penghargaan sebagai kepala penggiat literasi di Tingkat Propinsi Sumatera Barat berkat kontribusinya memotifasi dalam melahirkan berbagai karya, setidaknya 9 Buku yang ditulis tunggal dan 17 Buku yang ditulis bersama telah beliau hasilkan.

Selain Prestasi Kepala Madrasah, Beberapa prestasi lain yang pernah diraih guru MTsN 10 Tanah Datar adalah Guru berprestasi Tingkat Kabupaten Tanah Datar, atas nama, Yusrizal, Andrizal, Devi Yuherni dan Jasmawati, kemuadian prestasi yang pernah diraih siswa yang teranyar adalah Juara 1 Kompetisi Robotik Sumo Tingkat Sumatera Barat, Juara 1 Solo song Putra tingkat Sumatera Barat, Juara 1 Lomba Menulis artikel tingkat Sumatera Barat dan berbagai presatasi Lainnya.

Sementara itu, berbagai kegiatan pembiasaan dan penanaman nilai-nilai karakter baik bagi pendidik, tenaga kependidikan maupun terhadap peserta didik beberapa kegiatan diprogramkan di MTsN 10 Tanah Datar.

Pertama, kegiatan Salju Sempona (Salam Jumpa Senyum Pesona) dimana peserta didik disambut didepan madrasah dengan membiasakan diri saling sapa, senyum, lalu salam sehingga keakrapan antara peserta didik dan pendidik terjalin dengan baik dan peserta didik merasakan dia betul-betul diperhatikan selama berada dimadrasah.

Kedua, Panji dan Tahri Sejuti (Pagi mengaji dan tahfidz Setiap Hari Sejukan Hati). Setiap hari melantunkan ayat suci al-qur’an sebelum memulai aktifitas. Ketenangan jiwa, ketentrama hati akan dapat kita rasakan apabila membaca al-quran sudah menjadi suatu pembiasaan atau kebutuhan dalam hidup kita.

Apabila itu belum kita laksanakan ada sesuatu yang kurang dalam keseharian (hidup) kita. Itulah yang selalu ditanamkan di MTsN 10 Tanah Datar.

Ketiga, Sehardhuma (Setiap Hari Duha Bersama). Sesampai dimadrasah seluruh stakeholder MTsN 10 Tanah Datar laksanakan sehardhuma. Hal ini tertuang dalam motto utamakan yang wajib dan biasakan yang sunnah. Sehingga penanaman karakter bahwa ibadah itu adalah suatu kebutuhan dan wajib kita laksanakan.

Keempat, S.3 PALA (Satu Sampah Sepuluh Pahala), Salah satu program yang melahirkan inovasi dalam melestarikan lingkungan madrasah. Adapun tujuan dan manfaat dari gerakan S3 pala adalah untuk selalu menjaga dan melestarikan lingkungan madrasah agar selalu bersih, indah, nyaman, sejuk dan asri sehingga peserta didik merasa nyaman baik didalam kelas maupun diluar kelas sehingga mereka betah dan mau berlama-lama dimadrasah dan menjadikan madrasah rumah kedua mereka.

Kelima, Gerakan Tahfizul Qur’an Untuk melahirkan para penghafal Al-Qur’an (hafizd dan hafizah) di MTsN 10 Tanah Datar, memiliki rumah tahfidz Baitul Izzah.
Menurut Rika Maria, Semua prestasi yang diaraih dan kegiatan yang dilaksanakan bisa berjalan sukses dan lancar berkat Kerja sama seluruh teman teman Tenaga pendidik dan Kependidikan, peserta didik serta seluruh warga madrasah MTsN 10 Tanah Datar.