Hadir di Konferensi ITU PP 2022, Menkominfo Bawa Visi Presiden Kikis Kesenjangan Digital Global 

INTERNASIONAL45 Dilihat

RUMANIA,KABARDAERAH.COM- Pemerintah RI terus berusaha keras untuk mengikis kesenjangan digital global. Itulah salah satu komitmen Pemerintah Republik Indonesia guna menekankan upaya connecting unconnected people. Pernyataan itu disampaikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate usai menghadiri acara International Telecommunication Union Plenipotentiary Conference 2022 (ITU PP 2022) di Palace of Parliament, Bucharest, Rumania, Senin (26/9/2022).

“Komitmen Indonesia untuk memperkecil kesenjangan digital di dunia termasuk di dalam negeri kita sendiri yang paling utama. Melalui langkah kebijakan afirmatif dan konkret itulah yang dilakukan Indonesia di bawah kepemimpinan Bapak Presiden Joko Widodo. Guideline dan directive-nya  sangat jelas,” kata Johnny G PLate.

Menurut Menkominfo, saat ini masih terdapat 2,7 Miliar manusia yang belum terhubung dengan internet. Meski dari waktu ke waktu makin kecil, Pemerintah Republik Indonesia mengambil bagian proaktif untuk memperkecil jurang keterhubungan dengan internet melalui penggelaran infrastruktur hulu seperti jaringan kabel serat optik, microwave link, penempatan satelit dan pembangunan BTS  yang lebih merata.

“Pembangunan infrastruktur TIK Indonesia adalah untuk memperkecil kesenjangan digital di Indonesia dan dunia,” tandasnya. 

Menteri Johnny menyatakan Konferensi ITU PP 2022 kali ini membahas beberapa isu, pertama Strategic Plan 2023-2027, kedua Financial Plan ITU 2022-27 dan ketiga policy statement yang akan disampaikan oleh beberapa menteri dari negara anggota ITU.

“Saya baru saja menghadiri pembukaan ITU Plenipotentiary Conference 2022, (negara-negara anggota ITU) tadi juga mendiskusikan pergantian Sekjen ITU. Kita sudah mendiskusikan dan menyiapkan siapa pengganti Pak Zao (Sekjen ITU Houlin Zhao) dengan kandidat yang baru,” ujarnya melalui siaran pers biro humas kominfo, diterima wartawan di Jakarta.

Selain itu, Indonesia akan mengambil bagian dalaam pemilihan keanggotaan di ITU Council Member dan Anggota Radio Regulation Board (RRB) Region E Asia Australasia.  

“Kita juga mengusulkan keanggotaan di ITU Council Member yang mana selama ini kita menjadi bagian dari ITU Council Member,” jelas Menkominfo. 

Menurutnya, Pemerintah Indonesia akan terus mengalang dukungan dengan secara proaktif melakukan bilateral meeting dengan berbagai negara.

“Nanti akan ada pintu pertemuan-pertemuan bilateral, baik dengan negara-negara mitra sahabat maupun dengan lembaga multilateral,” tandasnya.

Dalam pembukaan ITU PP 2022, Menkominfo Johnny G. Plate didampingi Sekretaris Jenderal Mira Tayyiba, Direktur Jenderal Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika Ismail, dan Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi Anang Latif. Hadir pula Duta Besar Indonesia untuk Rumania dan Moldova Amhar Azeth dan kandidat Indonesia untuk Anggota RRB, Meiditomo Sutyarjoko. **

Editor : Dominikus.