Tingkatkan Jiwa Nasionalis Pancasila koramil1307-05 Kepada Siswa SD 11 Ampana

TERBARU15 Dilihat

Babinsa Buntongi, Kopda Ashari memberikan pembekalan nilai-nilai pancasila kepada para siswa SDN Negeri 11 Ampana di Desa Buntongi, Kecamatan Ampana Kota, Kabupaten Tojo Una-Una (Touna), Sulteng. Senin (26/9/22).

Dimana sebanyak 40 siswa dan 1 orang guru pendamping serta kepala sekolah mengikuti pembekalan dalam pelaksanaan kampung pancasila oleh Koramil 1307-05/Ratolindo.

Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk menanamkan pentingnya pemahaman dan pengamalan nilai-nilai pancasila agar terbentuk jiwa nasionalis yang tinggi kepada para siswa.

Dalam materinya, Kopda Ashari mengatakan, di lingkungan sekolah, seorang siswa wajib mengamalkan nilai-nilai pancasila baik di lingkungan sekolah maupun dalam kehidupan sehari-hari.

Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila tidak hanya diterapkan dalam interaksi sesama manusia, tetapi juga dalam hal mengelola lingkungan.

Penerapan pancasila di lingkungan sekolah berdasarkan pancasila seperti sila pertama yang berbunyi “Ketuhanan Yang Maha Esa” yang artinya adalah sebagai manusia kita harus percaya dan taat kepada Tuhan yang Maha Esa.

Di lingkungan sekolah penerapan pancasila sila pertama ini adalah kita harus beragama dan menaati agama yang kita percayai, kemudian kita harus menghormati adanya perbedaan agama dan keyakinan. Contohnya, tidak mengganggu teman yang sedang beribadah dan tidak membeda-bedakan agama,” ucapnya.

Kegiatan ini berjalan lancar yang antusias diikuti siswa dan para dewan guru belajar bersama tentang nilai-nilai pancasila.