Wisata Lombok Tengah, Tidak Hanya Tawarkan Sirkuit Mandalika Saja!

BERITA UTAMA39 Dilihat

Pulau Lombok merupakan destinasi wisata yang terkenal dengan alamnya yang istimewa. Sekarang aksesnya juga sudah mudah, pilihan transportasi beragam. Sudah banyak pula maskapai penerbangan bertarif rendah atau LCC yang melayani rute ke Lombok, contohnya Super Air Jet.  Anda bisa pesan Super Air Jet di Traveloka atau websitenya langsung.

Lombok sendiri masih dibagi menjadi beberapa kabupaten. Salah satu yang belakang ini cukup menyita perhatian adalah Kabupaten Lombok Tengah. Penyebab utamanya adalah saat menjadi tuan rumah MotoGP 2022, banyak sekali kejadian-kejadian unik yang membuatnya jadi sorotan, terutama Sirkuit Mandalika.

Selain Sirkuit Mandalika, banyak juga destinasi wisata lainnya yang patut untuk dikunjungi. Bagi yang memiliki rencana untuk jalan-jalan di Lombok Tengah, mari simak berbagai rekomendasi wisatanya.

Bukit Merese

Bukit Merese sudah menjadi ikon wisata tersendiri bagi Nusa Tenggara Barat, bukan hanya Lombok saja. Keindahan yang ditawarkan, berhasil membuai banyak sekali pengunjung setiap musim liburan tiba. Tempat ini sudah mulai terkenal sejak 2014 dan berlanjut hingga sampai saat ini.

Bukan tanpa alasan Bukit Merese tetap jadi salah satu primadona wisata di Lombok Tengah. Pasalnya, tempat ini menyuguhkan pemandangan yang apik. Alamnya benar-benar memikat hati para pengunjung yang mendatanginya. Apalagi lokasinya juga berada di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

Selain menikmati keindahan, ada banyak aktivitas seru yang ditawarkan di sini. Mulai dari berburu sunrise atau sunset, menyaksikkan panorama Tanjung Aan dan Batu Payung, bermain dengan sapi atau kerbau, sampai dengan camping. Alamat tepatnya berada di Jl. Kuta Lombok, Kuta, Pujut, Lombok Tengah.

Bukit Seger Mandalika

Selain Bukit Merese, Bukit Seger juga sekarang banyak didatangi oleh wisatawan setelah jadi spot foto pebalap MotoGP Marc Marquez. Uniknya, tempat ini berada persis di sebelah Sirkuit Mandalika. Jadi saat pertandingan sedang berlangsung bisa melihatnya dari bukit. Masyarakat dan wisatawan yang datang ke sini biasanya berburu sunset.

Waktu paling tepat untuk datang ke sini adalah pagi hari atau sore hari, karena sinar matahari yang tidak terlalu terik. Menariknya, tidak hanya alam saja yang disajikan, Anda juga bisa kulineran di sekitar Bukit Seger karena banyak yang menjajakan makanan yang bisa digunakan untuk mengganjal perut.

Taman Wisata Alam Gunung Tunak

Satu tempat wisata menyuguhkan banyak pesona, itulah kata-kata yang tepat untuk menggambarkan keindahan Taman Wisata Alam Gunung Tunak. Di tempat ini adalah pantai, gunung, bukit, serta tebing-tebing berbatu. Keindahan yang ditawarkan akan membuat Anda tersihir. Hampir semua spotnya cantik untuk dijadikan latar belakang foto.

Lokasi wisata ini berada di Desa Mertak, Pujut, Lombok Tengah. Dari pintu masuk ke pantainya, memiliki jarak kurang lebih 5 km. Bisa dengan mengendarai sepeda motor atau jalan kaki. Jika berencana untuk jalan kaki, usahakan untuk mempersiapkan kondisi fisik yang prima.

Desa Adat Sukarara

Desa adat yang paling terkenal di Lombok adalah Sade yang menyuguhkan tempat tinggal asli suku Sasak. Bagi Anda yang sudah berkali-kali ke Desa Adat Sade, ada alternatif lainnya. Yaitu Desa Adat Sukarara yang tidak kalah pesonanya. Daya tarik utamanya adalah hasil songket Lombok yang sangat berkualitas.

Selain songket, Anda juga bisa mendapatkan berbagai pernak-pernik khas Lombok. Bahkan bagi yang ingin belajar menenun, bisa berguru langsung ke pakarnya yaitu ibu-ibu suku Sasak yang disebut Inaq. Selain itu, Anda juga bisa berfoto dengan background rumah adat Sasak yang masih otentik.

Air Terjun Benang Kelambu

Pilihan wisata lainnya yang tidak kalah eksotis dari sebelum-sebelumnya adalah Air Terjun Benang Kelambu. Keindahannya sudah wara wiri di berbagai media sosial. Disebut Benang Kelambu, pasalnya penampakan air terjunnya menyerupai tirai di sela-sela rindangnya pepohonan hijau. Saat diabadikan ke dalam kamera, jadi sangat indah.

Air terjun ini dekat dengan Air Terjun Benang Stokel, jaraknya kurang lebih 1 km saja. Lokasi tepatnya berada di Desa Aik Berik, Batu Keling Utara, Lombok Tengah. Jika langsung ke sini dari Bandara Internasional Lombok, bisa ditempuh kurang lebih 1 jam perjalanan.

Gua Bangkang

Satu lagi spot petualangan di Lombok Tengah yang tidak boleh Anda lewatkan begitu saja, yakni Gua Bangkang. Ini merupakan situs cagar alam yang memiliki daya tarik ‘Cahaya Ilahi’. Sebenarya, ini merupakan gua sarang kelelawar, namun ada lubang dari atas gua yang membuat matahari masuk ke cela-celanya sehingga terciptalah ‘Cahaya Ilahi’.

Lokasinya berada di Desa Prabu, Pujut Lombok Tengah. Supaya bisa berjelajah dengan nyaman, sangat disarankan untuk mengenakan masker supaya aroma kotoran kelelawar yang menyengat tidak mengganggu. Selain itu, karena menjelajah gua, usahakan untuk mengenakan pakaian dan alas kaki yang nyaman.

Lombok Tengah ternyata memiliki segudang wisata yang memesona. Mulai dari pantainya, bukit, gua, air terjun, sampai dengan desa adat. Karena itulah, sempatkan diri terbang ke Lombok dan nikmati berbagai pesona yang ditawarkan. Supaya liburan jadi praktis dan lebih murah, pesan kebutuhannya di Traveloka saja.

 Sudah jadi rahasia umum jika Traveloka selalu menjadi pilihan utama untuk liburan nyaman dan menyenangkan. Pilihan pembayaran sangat banyak, ada cashless sampai dengan Traveloka PayLater. Belum punya cukup uang untuk jalan-jalan? PayLater Traveloka solusinya. berangkat sekarang, bayarnya belakangan!