Muskab PMI Rohil, Bupati Berharap Kebutuhan Darah Terpenuhi

Rohil – Musyawarah Kabupaten (Muskab) Palang Merah Indonesia (PMI) yang keempat secara resmi dibuka oleh Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong di gedung Misran Rais, Jalan Gedung Nasional No. 1, Bagansiapiapi. Muskab tersebut dihadiri oleh Ketua PMI Provinsi Riau Dr. Syahril Abubakar, Plt. Ketua PMI Rohil Ilhami, Wakil Bupati H. Sulaiman, Forkopimda Rohil, Kepala Puskesmas se-Rohil, para camat, kepala OPD Rohil , serta tokoh masyarakat setempat, Selasa (6/9/2022).

Pada kesempatan tersebut, Ketua PMI Riau Syahril Abubakar menilai kedepannya, sosok Ilhami sangat cocok untuk menjadi Ketua PMI Kabupaten Rohil. Sebab, Syahril melihat selama PMI dipimpin oleh Ilhami, organisasi tersebut telah banyak menggelar kegiatan donor darah secara berkala, “Masih Plt saja sudah ada 30 kali membuat kegiatan, bagaimana kalau saudara Ilhami ini kita kukuhkan jadi ketua PMI Rohil kedepannya. Saya yakin kebutuhan darah pasti akan terpenuhi,” ungkapnya.

Syahril juga menyatakan, untuk Provinsi Riau dalam satu bulan membutuhkan tujuh ribu kantong darah untuk didonorkan. Oleh sebab itu, beliau berharap dengan kepengurusan PMI Rohil nantinya dapat memenuhi pasokan darah yang dibutuhkan, “Kita selalu kekurangan darah, saya harap Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir atau bekerja sama dengan Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan dapat menganggarkan alat transfusi darah. Saya yakin Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir mendukung kegiatan kerja PMI disini,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Afrizal Sintong mengungkapkan bahwa selama ini Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pratomo Bagansiapiapi juga selalu kekurangan darah. Oleh sebab itu Bupati meminta kepada seluruh pihak mulai dari 176 desa dan 25 kelurahan yang ada serta camat dan puskesmas untuk bekerja sama dengan rutin laksanakan kegiatan darah, “Saya yakin kalau kita bersama-sama, dengan peran aktif lurah dan penghulu untuk mengajak masyarakat donor darah, semua kebutuhan itu pasti akan terpenuhi,” pungkasnya.

Bupati Rohil tersebut juga menambahkan, demi keselamatan nyawa manusia, kedepannya Pemkab Rohil siap menganggarkan biaya untuk pembelian alat transfusi darah. Sehingga nantinya jika ada pasien yang membutuhkan darah, PMI Rohil sudah memiliki stok darah yang cukup. Selain itu, Dalam sambutannya, Plt. Ketua PMI Rohil Ilhami juga mengharapkan dukungan semua pihak agar Muskab yang dilaksanakan selama dua hari ini bisa berjalan lancar, sehingga kedepannya bisa bekerja maksimal untuk misi kemanusiaan.