Jalan Hibrida Diperbaiki Total di Tahun 2023, Mohon Sabar Untuk Msayarakat kota Bengkulu

Jalan Hibrida Diperbaiki Total di Tahun 2023, Mohon Sabar Untuk Msayarakat kota Bengkulu

 

Kota Bengkulu, Kabardaerah.com Warga sekitaran jalan Hibrida Raya kembali berorasi mengenai rusaknya jalan Hibrida. Masyarakat menanyakan keberadaan pemerintah, karena hingga saat ini kondisi jalan tersebut masih rusak parah dan tak kunjung diperbaiki.

Ternyata hal tersebut tak sepenuhnya benar, pasca dihibahkannya jalan tersebut dari Pemprov Bengkulu ke Pemkot Bengkulu. Setelah itu, Pemkot Bengkulu langsung bergerak cepat. Tapi karena anggaran belum tersedia, perbaikan tahun ini hanya bersifat sementara dengan melakukan tambal sulam. Untuk rencana pembangunan ulang jalan Hibrida tahun depan (2023), pemkot telah menyiapkan alokasi dana untuk memperbaiki keseluruhan Jalan Hibrida.

Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi mengatakan, pemkot akan mengubah jalan Hibrida yang dalam kondisi rusak seperti jalan Kapuas. Ke depan, Pemkot juga akan menambahkan fasilitas lainnya seperti drainase, lampu jalan dan lain-lain. Ditargetkan pada 2023, kawasan jalan Hibrida akan semakin indah dari sebelumnya melalui sentuhan tangan pemerintah kota.

“Setelah diserahkan ke pemkot, jalan itu langsung kita tutupi lubang-lubangnya sementara, agar tak membahayakan masyarakat. Insya allah jalan itu akan dibangun ulang di 2023. Akan kita buat seperti di Jalan Kapuas yang kala itu punya provinsi kemudian kita ambil alih, kita bangun, dikasih lampu, sekarang lebar dan tentunya masyarakat akan lebih nyaman saat melintas,” ungkap Dedy, Rabu (16/11/2022).

Tak sampai disitu, pemkot di tahun 2023 juga akan menyelesaikan program 1000 jalan mulus yang sempat tertunda akibat pandemi Covid-19. Untuk total panjang jalan yang akan diperbaiki di sepanjang jalan Hibrida ialah sekitar 10 kilometer yang akan disulap menjadi jalan mulus milik Pemkot Bengkulu. Namun untuk estimasi kebutuhan anggaran yang diperlukan dalam pengerjaan ini, ia menyebut masih akan dilakukan pengkajian dan pembahasan lebih lanjut.

Di tempat berbeda, Kadis PUPR Kota Bengkulu melalui Kabid Bina Marga Denny Saputra mengatakan perbaikan jalan ini merupakan janji Walikota Helmi, apabila jalan hibrida dilimpahkan ke kota akan langsung diperbaiki.

“Ini bentuk kepedulian dari Pemkot, kita langsung memperbaiki jalan di hibrida. Untuk penanganan pertama kita akan menutup semua lubang yang ada di jalan ini,” ungkapnya.

Ditanya soal perbaikan menyeluruh, Denny menegaskan kembali, PUPR akan menyiapkan anggarannya di tahun 2023. Dan untuk sementara Pemkot akan melakukan tambal sulam.

“Untuk perbaikan menyeluruhnya akan kita anggarkan di APBD 2023. Karena sifatnya urgent jadi kita saat ini akan melakukan perbaikan dengan menutupi seluruh lubang yang ada,” tuturnya. (adv)