Kelurahan Jurangmangu Timur Gelar Pelatihan Kerja Bagi Warga Yang Berdampak

BERITA UTAMA714 Dilihat

Kabar Daerah|Kota Tangerang Selatan-Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Jurangmangu Timur kembali diadakan bagi masyarakat Jurangmangu Timur dimana kali ini penyelenggaraan pelatihan kerja bertema Bengkel Motor yang bertempat di Aula Kantor Kelurahan Jurangmangu Timur, pada Jumat, 18 November 2022.

Dalam pelatihan ini hadir Haji Kamaluddin, S.Ag., selaku Lurah Jurangmangu Timur, Ketua Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan Muhammad Ryanza, S.E., Sekretaris Lurah Ahmad Gozali, Narasumber Mananda Pursai, para peserta dari masing-masing Rukun Warga dan Ketua RW dan RT setempat.

Dalam sambutannya, Muhammad Ryanza, S.E., menyampaikan bahwa pelatihan bengkel motor ini diadakan atas dasar membuka peluang kerja dan usaha dalam tingkat RT/RW wilayah Jurangmangu Timur.

Adapun Panitia hanya mengundang 8 peserta dikarenakan penyesuaian Anggaran Pendapatan Belanja Daerah sehingga diambil satu perwakilan dari tiap Rukun Warga dimana secara total 13 RW di wilayahnya.

Ryanza pun mengingatkan bahwa Kegiatan ini tak hanya memberikan hibah alat saja namun keseriusan pihak warga dalam pengembangan usahanya dipantau baik dalam jangka pendek, menengah dan panjang oleh pihak PPTK dengan menyambangi dan mengecek alat guna melaporkan kepada dinas terkait.

Hal senada diutarakan oleh Lurah H. Kamaluddin, S.Ag., di podium,”Alhamdulillah pada siang hari ini mendapatkan nikmat kesehatan, kita dapat melaksanakan aktivitas dengan kegiatan pelatihan kerja yang sangat baik potensinya dalam perbengkelan dimana kegiatan selanjutnya Senin mendatang ada pelatihan barbershop.”ucapnya.

Imbuh sosok pria bersahaja, “Potensi-potensi alat ini diharapkan benar-benar dapat dimanfaatkan  setelah imbas pandemi Covid-19 dengan masa 2-3 tahun yang sebagian warga berakhir usahanya. Seperti memiliki bengkel tetapi tak punya kompresor khususnya di wilayah jurtim. Disini kami mengundang 8 orang saja karena keterbatasan anggaran sehingga 1 warga sudah mewakili 1 Rukun Warga.” terang Kamaluddin.

Diketahui pihak peserta pelatihan kerja ini memiliki syarat warga domisili dengan identitas wilayah Jurangmangu Timur dengan memiliki surat keterangan domisili dan usaha dari RT/RW setempat  dan benar menekuni usaha perbengkelan yang sama setelah mendapatkan verifikasi dari pihak PPTK lantaran bakal ada kegiatan evaluasi kedepan untuk membuat laporan ke Dinas Tenaga Kerja.

Pada pelatihan tersebut Mananda Pursai memberikan materi yang begitu mudah dicerna baik dari metode tambal ban bakar dan metode tambal ban tubeles dengan praktiknya.

Berakhirnya acara tersebut dengan penyerahan secara simbolis alat perbengkelan berupa alat  kompresor kepada perwakilan seorang peserta dari Lurah Haji Kamaluddin.