Tahun 2023, Disdukcapil Provinsi Bengkulu Ajukan 60 Ribu Blanko KTP Elektronik

Bengkulu,Kabardaerah.com- Kebutuhan blanko KTP elektronik untuk akhir tahun saat ini masih terbilang aman. Jumlah yang ada saat ini sebanyak 5.300 keping. Hal ini dijelaskan oleh Kepala Disdukcapil Provinsi Bengkulu Ir Diah Irianti. Namun pembuatan atau perekaman KTP elektronik ini disetiap daerah Kabupaten/Kota perharinya dapat mencapai ratusan keping sehingga pendistribusian blanko terus dilakukan.

“Masih banyak sekitar lima ribuan, untuk di Kabupaten dan Kota masih ada juga. Namun perekaman ini dilakukan setiap hari untuk di Kota bisa mencapai 300 keping sedangkan kabupaten  150 dalam menghabiskan blanko,” terangnya.

Melihat banyaknya antusias dalam pembuatan KTP ini, maka tahun depan pihaknya kembali mengusulkan penambahan stok blanko sebanyak 60 ribu keping.

“Untuk tahun depan kita mungkin akan usulkan kembali sebanyak 60 ribuan, namun diperlukan biasanya hanya seperempat dari jumlah tersebut,” kata Diah, Selasa (22/11/2022).

Bagi masyarakat dengan kendala KTP rusak, dapat menggunakan digital ID. Digital ID sendiri merupakan aplikasi Identitas kependudukan yang mencakup semua data yang dibutuhkan. Seperti kartu keluarga, KTP anggota keluarga, Kartu vaksin dan data lainnya lengkap.

Namun aplikasi ini masih dalam masa percobahan dan hanya dapat diakses oleh pegawai ASN dan seluruh staff dukcapil se Indonesia.

“Dan kedepannya kita menggunakan ktp elctronic dan ada aplikasinya nanti. Loginnya menggunakan email prinadi, kami harap ini bisa membantu menghemat penggunaan belangkon,” demikian Diah. (Adv)