Disdukcapil Provinsi Minta Masyarakat Bengkulu Update Data Penduduk

Bengkulu,Kabardaerah.com- Dinas Dukcapil Provinsi Bengkulu meminta agar warga Bengkulu dapat memperbaharui data penduduk. Hal ini dikarenakan banyaknya warga yang hendak melakukan pelayanan tersendat, karena adanya data ganda.

Kepala Dinas Dukcapil Provinsi Bengkulu Ir Diah Irianti melalui Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) dan Pemanfaatan Data Taslim Asri, mengatakan masih banyak data penduduk yang ganda.

“Kita meminta agar masyarakat dapat mengupdate data penduduk, karena memang masih banyak data yang ganda,” ujar Taslim, Rabu (23/11/2022).

Adanya data ganda, berakibat terganggunya dalam mengurus layanan administrasi, seperti penerimaan bantuan, pemberian vaksinasi covid -19 dan lain lainnya.

“Seperti ada yang ingin melakukan vaksinasi, memang sebelumnya hanya didata manual. Namun sekarang sudah online, sehingga data harus terverfikasi melalui atau terekam melalui di disdukcapil,” tambahnya.

Dijelaskan,  seperti permasalahan tidak dapat menerima vaksin. Hal ini terjadi karena data yang ganda yang berada di sistem. Namun hal ini akan diperbaiki oleh pihak Disdukcapil Provinsi, dengan upaya proaktif dari masyarakat sendiri.

“Ada masyarakat yang pindah sudah beberapa kali, ini tidak melapor ke kita maka otomatis datanya ganda. Oleh karena itu, kita minta yang bersangkutan agar memperbaharui data nya. Seperti tinggal dimana sekarang nanti tempat sebelumnya kita hapuskan. Yang bersangkutan kita minta proaktif juga, agar pelayanan apapun dapat diterima dengan baik,” tandasnya. (Adv)