Kantor Pos Mulai Menyalurkan Bantuan BLT BBM, BPNT/Sembako, Dan PKH.

Palembang, kabardaerah.com – Kantor Pos hari ini kembali menyalurkan Dana bantuan dari 3 Program (BLT BBM + BPNT / Sembako + PKH), Bantuan Tanpa Potongan Oleh Siapapun Dan Alasan Apapun. Diharapkan penerima bantuan dapat memanfaatkan dana bantuan dengan baik dan bertahap sesuai kebutuhan.

Hal ini diungkapkan Fendi Anjasmara Selaku Executive General Manager Kantor Pos cabang utama Palembang Saat diwawancara di Kantor Pos jalan Merdeka, Rabu (23-11-2022).

“Saya sampaikan bantuan kali ini mulai kita salurkan dari tanggal 21 November kemarin. Yang mendapatkan bantuan ada diseluruh Desa/kelurahan. Untuk pembayaran sama seperti sebelumnya, semua penerima harus membawa surat panggilan yang harus dibawa saat datang ke kantor pos dengan bawa KTP atau KK sesuai dengan datanya,” Ujarnya.

“Semua penerima akan dikirimkan surat panggilan yang akan didistribusikan melalui aparat terkait seperti Kelurahan, RT, RW, dan juga pendamping masing-masing. Karena masing-masing Kpm ada pendampingnya, PKH ada pendamping, BLT-BBM dan BPNT juga ada pendamping jadi silakan nanti hubungi pihak pemerintahan terdekat,” Paparnya.

Pembayarannya nanti akan dibuatkan jadwal supaya tidak terjadi penumpukan di kantor pos, untuk lokasi pembayaran kita pakai halaman depan dan belakang dari kantor pos Merdeka. Sementara untuk penyaluran BSU juga masih berjalan. Sampai saat ini penyaluran BSU masih 48% sisanya masih banyak yang belum mencairkan Bantuannya. Di wilayah Kcul Palembang masih ada sekitar 30 ribuan.

“Kepada seluruh pekerja yang merasa belum mencairkan BSU-nya segera cek ke kantor pos terdekat atau melalui pospay masing-masing dengan download Pospay-nya, lalu dicek pada tampilan awal nanti ada tombol power warna merah lalu diklik, kemudian akan tampil logo Kementerian ketenagakerjaan, lalu pilih jenis bantuan, ambil foto KTP, lalu masukkan data yang diminta sesuai permintaan aplikasi, nanti akan muncul datanya apakah yang bersangkutan berhak menerima bantuan atau tidak,” Tuturnya. Fendi Menjelaskan, penerima nanti akan mendapatkan barcode atau QR code-nya untuk ditunjukkan kepada pegawai kantor pos

“Bantuan sembako/BPNT dibayarkan 3 bulan sebesar Rp 600.000,- untuk bulan Oktober, November, & Desember. BLT-BBM sebesar Rp 300.000-. Jadi kalau ada yang mendapatkan dua-duanya maka akan mendapatkan 900.000, untuk PKH besarannya berbeda-beda setiap penerimanya,” Bebernya.

“Harapannya kepada seluruh penerima bisa memanfaatkan uang yang diterimanya seefektif mungkin, terutama untuk penerima bantuan yang cukup besar jangan langsung dihabiskan untuk kebutuhan konsumtif tapi diatur pengeluarannya atau bias juga ditabung,” Harapnya.

Fendi Berpesan kepada penerima jika belum mempunyai rekening silakan ditabung di kantor pos menggunakan aplikasi POS PAY, silahkan download pos paynya lalu segera registrasi sampai dapat nomor rekening, setelah itu bisa langsung dipergunakan untuk menyetorkan uangnya di loket-loket kantor pos, karena di pos bisa ambil secara tunai.
“Rekening Pospay Bisa juga diambil di ATM BCA, ke depannya akan di tambah ATM lain yang bisa kerjasama dengan pos tentunya. Jadi harapannya bagi para penerima bantuan begitu dapat bantuan tidak langsung dihabiskan untuk konsumtif, tapi bisa dipakai untuk hal-hal yang mungkin lebih penting nantinya,” pungkasnya.( Robi )