Empat Orang Terduga Pengedar Barang Haram Meringkuk di Balik Jeruji Besi Polres Lahat

LAHAT.KABARDAERAH.COM – Satuan reserse Narkoba Polres Lahat menggelandang Empat terduga pengedar Narkotika di Desa Tanjung Lontar Kecamatan Merapi Timur Kabupaten Lahat.

Terungkapnya kasus tersebut berdasarkan Laporan Polisi LP/A/96/XI/2023/SPKT.NARKOBA/POLRES LAHAT/POLDA SUMSEL, tanggal 19 November 2023 Pada hari Minggu tanggal 19 November 2023 Sekira Jam 21.30 WIB di Desa Tanjung Lontar Kecamatan Merapi Timur Kabupaten Lahat.

Para tersangka tersebut inisial AD, GS, RA dan RS, Dari ke empat tersangka, anggota Sat Narkoba Polres Lahat berhasil mengamankan barang bukti 2 ( dua ) paket kecil serbuk kristal putih terbungkus plastik klip transparan diduga narkotika jenis sabu dengan berat kotor / brutto : 1,28 gr ( satu koma dua delapan ) gram, 11 ( sebelas ) paket kecil serbuk kristal putih terbungkus plastik klip transparan diduga narkotika jenis sabu dengan berat kotor / brutto : 2,41 gr ( dua koma empat satu ) gram, 1 ( dua ) bal plastik klip bening, 1 ( satu ) unit timbangan digital warna hitam, 1 ( satu ) batang pipet plastik yang ujungnya telah diruncingi, 1 ( satu ) buah kotak warna biru, 1 ( satu ) buah kotak warna merah, 1 ( satu ) unit handphone android merk REALME C31 warna siver milik RA.

Total Berat kotor/Bruto barang bukti berupa serbuk kristal putih terbungkus plastik klip transparan diduga Narkotika jenis Sabu seberat 3,69 gr (tiga koma enam sembilan gram).

Hal tersebut dibenarkan oleh Kapolres Lahat AKBP S. Kunto Hartono, SIK.MT., melalui Kasat Narkoba AKP Muhammad Romi, SH.MH. Dibeberkan AKP Romi, Informasi tersebut berdasarkan dari masyarakat bahwa sering terjadi peredaran gelap narkotika di tkp (Tempat Kejadian Perkara tersebut di atas.

Kemudian dilakukan lidik lalu setelah sasaran orang dan tempat diketahui, selanjutnya pada hari minggu tanggal 19 November 2023 sekira jam 21.30 wib telah tertangkap tangan 4 (empat) orang terduga tersangka an. AD, GS, RA dan RT yang sedang berada di rumah milik tersangka AD tepatnya di tkp (tempat kejadian perkara).

Sesaat sebelum diamankan tersangka an. AD dan GS sempat melarikan diri ke arah belakang rumah milik tersangka AD sambil membuangkan kotak plastik. Saat mau ditangkap, tersangka AD dan GS berhasil diamankan dan setelah seluruh tersangka telah diamankan, petugas melakukan pemeriksaan/penggeledahan disekitaran TKP dan mencari kotak plastik yang dibuangkan oleh tersangka AD dengan disaksikan aparat desa setempat.

Dari hasil pencarian disekitaran TKP tersebut, petugas polisi mendapatkan 1 (satu) buah kotak plastik warna merah yang didalamnya berisikan 2 (dua) paket sedang serbuk kristal putih terbungkus plastik klip transparan diduga narkotika jenis sabu dan 1 (satu) buah kotak plastik warna biru yang didalamnya berisikan 11 (sebelas) paket kecil serbuk kristal putih terbungkus plastik klip transparan diduga narkotika jenis sabu yang mana seluruh barang bukti tersebut didapatkan dibelakang rumah milik tersangka an. AD dan diakui oleh tersangka bahwa barang bukti tersebut adalah miliknya.

Kemudian petugas juga melakukan pemeriksaan didalam kamar depan rumah milik tersangka AD tersebut dengan disaksikan oleh aparat desa setempat dan dari hasil pemeriksaan/penggeledahan, petugas mendapatkan barang bukti lain berupa 1 (satu) unit timbangan digital warna hitam, 1 (satu) batang pipet plastik yang ujungnya telah diruncingi dan 1 (satu) bal plastik klip bening yang mana barang bukti tersebut didapatkan dilantai dalam kamar depan rumah milik tersangka an. AD, lalu petugas menyita 1 (satu) unit handphone android merk REALME C31 warna silver milik tersangka an. ROMI ALDRIANSA, yang mana di dalam handphone tersebut terdapat percakapan jual beli narkotika jenis sabu yang dilakukan oleh tersangka RA. Sedangkan untuk tersangka RU dari hasil introgasi terhadap tersangka lainnya, tersangka RU berperan melayani apabila ada pembeli yang akan melakukan transaksi sabu dengan tersangka AD.

Selanjutnya 4 ( empat ) orang tersangka berikut barang bukti yang didapat dibawa ke Sat Resnarkoba Polres Lahat untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan Pasal 114 Ayat (1) Jo. Pasal 132 Ayat (1) dan Pasal 112 Ayat (1) Jo. Pasal 132 Ayat (1) UU RI No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika. (*)

Kasubsi Penmas Humas Polres Lahat, Lispono, SH