KWI : Kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia Bawah Pesan Persaudaraan Manusia

BERITA UTAMA1319 Dilihat

JAKARTA,KABARDAERAH.COM-Pihak Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) memastikan bahwa, Paus Fransiskus akan berkunjung ke Indonesia pada September 2024. KWI menyebutkan ada pesan penting yang akan dibawa oleh Paus Fransiskus bagi umat beragama di Indonesia.

“Jadi, sosok yang datang ini adalah sosok yang memiliki iman kuat, sosok yang kita kenal mengutamakan persaudaraan antar manusia tanpa melihat suku maupun agama,” kata Sekretaris Jenderal KWI, Mgr. Paskalis Bruno Syukur, OFM saat konferensi pers di Gedung KWI Lantai 4, Jl.Cut Meutia, Menteng Jakarta Pusat, Jumat (17/5/2024).

Indonesia Jadi Negara Pertama “Untuk itu, Paus Fransiskus mau mengajak orang Indonesia untuk menghargai persaudaraan antar umat manusia yang kita sudah punya dengan nilai-nilai Pancasila itu,” papar Mgr. Paskalis Bruno Syukur.

Sementara itu, Ketua Presidium KWI, Mgr. Antonius Subianto Bunjamin, OSC, menegaska,
Kedatangan Paus Fransiskus kata Sekjen KWI, ada tema diangkat, yakni “Faith, Fraternity, and Compassion” atau (Iman, Persaudaraan, dan Belas Kasih).

“Pertama-tama, kita melihat Paus Fransiskus ini adalah seorang yang beriman, seorang yang memperjuangkan persaudaraan manusia, lalu juga seorang yang memiliki rasa belas kasih, yang mau ditampilkan dalam perhatian kepada umat manusia,”urainya.

Jadi, Melihat konteks di Indonesia yang masyarakatnya beragam secara suku dan agama.
Menurutnya, Paus Fransiskus akan meneguhkan dan menguatkan masyarakat untuk membangun negara Indonesia dengan semangat persaudaraan.

Paus Fransiskus berencana berkunjung ke Indonesia hanya tiga hari, pada 3-6 September 2024.
Sementara Ketua Presidium Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) Mgr. Antonius Subianto Bunjamin, OSC menyatakan rencana kedatangan Paus Fransiskus itu sudah pasti.

“Rencananya pasti kedatangannya. Maka kita doakan semoga Sri Paus Fransiskus sehat, keadaan dunia baik, keadaan Indonesia pun baik,” kata Uskup Keuskupan Bandung itu.

Adapun kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia ini juga bertepatan dengan peringatan 100 tahun KWI yang dibuka pada tanggal 19 November 2023 hingga puncak akhirnya pada tanggal 13 November 2024.

“Jadi, peringatan ke-100 tahun KWI juga dirayakan dengan berbagai macam kegiatan termasuk aksi sosial yang diperuntukkan bagi orang-orang difabel,” ujarnya. ** Dese Dominikus.