Kota Parepare Masih Dipadati Sampah Plastik Berserakan, Tidak Terjamah Dalam Aksi WCD

LIPUTAN KHUSUS36 Dilihat

SULSEL.KABARDAERAH.COM- Peringatan World Cleanup Day yang jatuh pada Sabtu, 21 September 2019 juga diselenggarakan di Kota Parepare. Diprakarsai oleh KNPI Kota Parepare, peringatan WCD sukses dilaksanakan dengan melibatkan sejumlah komunitas lain di Kota Parepare.

Namun, di balik kesuksesannya, WCD di Parepare nyatanya masih menyisihkan PR besar kepada masyarakat, khususnya masyarakat Kota Parepare. Bukan sekedera PR bagi masyarakat yang harus memulai membiasakan menjaga kebersihan lingkungan dan mengurangi penggunaan sampah plastik, namun hal ini menjadi bahan evaluasi bagi penyelenggara untuk lebih memaksimalkan kegiatan aksi yang dilakukan.

Nampak dalam pantauan tim reportase, sejumlah titik yang masuk dalam zona WCD di Parepare masih dipadati sampah-sampah pelastik yang berserakan. Sampah tersebut telah lama ada dan tidak terjamah dalam aksi WCD.

Hal ini seyogyanya menjadi bahan evaluasi bagi penyelenggara WCD di Parepare untuk memaksimalkan dampak dari pelaksanaan WCD tersebut sehingga tidak dipandang sebagai euforia semata.

Andi Udin, Salah Satu Tokoh Pemuda Kota Parepare, mengungkapkan, “Melalui peringatan WCD pula diharapkan Parepare dapat menjadi pelopor Kota yang asri, bersih dan nyaman untuk dihuni seluruh elemen hidup dan rasa kepedulian lingkungan semakin kuat tumbuh dalam diri masyarakat,” tandasnya. ***

(AndiUdin/Ani Ammer)