Inilah Penjelasan KUPT Kesehatan Ketapang Samsu Rizal Tentang Program Stunting

LIPUTAN KHUSUS251 Dilihat

LAMPUNG.KABARDAERAH.COM- Stunting merupakan Program Nasional Kementrian Kesehatan RI, diwilayah Kecamatan Ketapang, Lampung Selatan telah dilakukan Sosialisasi oleh Unit Pelaksana Tehnis (UPT) Kesehatan.

Stunting merupakan gagal tumbuh pada anak karena krisis atau kurang nya asupan gizi, pencegahan stunting merupakan Program Nasional Kementrian Kesehatan RI.

Saat di temui di ruang kerja nya terkait program penangan Stunting, Samsu Rizal selaku KUPT Kesehatan Kecamatan Ketapang menjelaskan bahwa pihaknya sudah melakukan sosialisasi dan Penanganan  terkait stunting semenjak tahun 2017 ke desa, khususnya di wilayah Ketapang.

“Program Penanganan Stunting, Sejak tahun 2017 kami telah sosialisasikan, ini merupakan Program Nasional Kementerian Kesehatan RI,” ucap Samsu, seperti dilansir dari Lampung86, Senin(14/10/19).

Diterangkan juga secara rinci stunting adalah gagal tumbuh pada anak, artinya anak yang sama umurnya tapi beda jauh tingginya dari anak-anak lainnya, karena sudah ada ukuran standar normal tetapi tidak sampai, itu masuk dalam katagori stunting.

Stunting itu disebabkan oleh bakteri, yang dari kotoran manusia jadi kalau masih ada jamban yang tidak sehat seperti jamban Cemplung karena banyak lalat, kecoa dan lainnya yang bisa membawa penyakit kemakanan, tandasnya.

Dinas Kesehatan itu hanya dari 30% porsinya yang bisa membantu menyelesaikan stunting, yang lain masyarakat itu sendiri, aparat desa pengaruhnya sangat besar karena dana sudah di kucurkan kedesa, ungkapnya.

Penanggulangan yang dilakukan dinas kesehatan berupaya menyehatkan lingkungan masyarakat, memberikan makanan yang layak serta memberikan pemahaman ke Desa-desa apa saja Dampak-dampak yang mengakibatkan terjadinya stunting.

Samsu Rizal selaku KUPT berharap kedepan masyarakat, pegawai dan lembaga lain bisa datang ke Puskesmas untuk konsultasi dan jangan yang sakit saja tetapi yang sehat untuk mencegah penyakit dengan cara konsultasi di puskesmas.

Mudah-mudahan untuk khususnya Kecamatan Ketapang dan Lampung Selatan lima tahun kedepan sudah terbebas dari persoalan Stunting, harapnya Samsu. ***

(Lampung86/Yanguji)