“Manu” Urbinas-Hasan Makassar Salurkan Bahan Pokok Ke Masyarakat Pulau Misool

POLITIK160 Dilihat

KABARDAERAH.COM – Manuel Piter Urbinas melalui gerakan nasdem Peduli di Raja Ampat melanjutkan penyaluran bantuan bahan pokok kepada masyarakat yang terdampak secara ekonomi akibat pandemi covid-19. Setelah sebelumnya bergerak di Ibu Kota Kabupaten Raja Ampat di Kota Waisai dengan menyalurkan bahan pokok, hand sanitizer dan masker secara door to door, Wakil Bupati Kabupaten Raja Ampat ini mengunjungi masyarakat di pulau-pulau sekitar misool dengan speedboat.

“Selama kurang lebih 7 hari dari tanggal 22 Mei hingga 28 Mei 2020 berkunjung kami menginap di rumah-rumah masyarakat di kampung lalinta, fafanlap, foley, dan kampung waigama. Ketua Partai Nasdem ini bersama rombongan mengunjungi warga di 22 kampung pada 4 distrik yaitu Distrik Misool Barat, Distrik Misool Selatan, DIstrik Misool Barat, dan Distrik Misool Timur,”ungkap Alumni Teknik Penangkapan Ikan AUP 1994.

Yang menarik dari perjalanan mengelilingi pulau-pulau di misool kali ini, Urbinas mengajak serta Hasan Makassar ikut serta. Ia mengaku distrik yang dikunjungi sebagian besar merupakan kampung-kampung muslim.

“Sebelum berlebaran tanggal 24, tanggal 23 kami terlebih dahulu mengunjungi kampung Aduwey, kapacol, Biga, dan Kampung Magey. 24 Mei dengan Bapak Hasan Makassar merayakan idul fitri bersama masyarakat di kampung lalinta, fafanlap dan kampung gamta. Lebaran hari kedua 25 Mei kami rayakan bersama masyarakat kampung Imanikari, kairepop, dabatan, dan kampung yelu. Sehari setelahnya ditanggal 26 Mei masih dalam suasana lebaran kami mengunjungi masyarakat di kampung Harapan Jaya, Usaha Jaya dan Kampung Foley. Tanggal 27 kami melanjutkan perjalanan ke kampung Audam, Limalas Timur dan Barat, tanggal 28 kami bergerak ke kampung Waigama dan Salafen lalu balik Ke Sorong,” kata Urbinas yang juga Alumni Fakultas Perikanan IPB Bogor 2000

Dalam kesempatan ini, Urbinas bersyukur karena disambut hangat dan antusias oleh masyarakat. Ia juga langsung bisa melihat langsung kondisi masyarakat di pulau-pulau yang memang aktivitas ekonominya terdampak, karena kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara ditutup selama pandemic covid-19.

“Bantuan yang kami salurkan setidaknya dapat meringankan dan membantu mencukupi kebutuhan pangan, tetapi yang terpenting adalah masyarakat dapat kita sentuh langsung sehingga masyarakat merasakan kehadiran saudaranya untuk membantu mereka,” ujar Alumni Teknik Kelautan Pasca Sarjana IPB Bogor 2004.

Urbinas menambahkan, Hasan Makassar sendiri adalah tokoh muslim yang sangat dekat dengan masyarakat di kampung-kampung pulau misool, Oleh karena itu momentum idul fitri Urbinas bersama Hasan Makassar langsung bisa melihat dan merasakan langsung hangatnya silaturahim dan jalinan persaudaraan, serta kesadaran bertoleransi yang sudah terbentuk lama sebelum kabupaten ini ada.

“Kesan paling penting selama perjalanan adalah Kami berdua (saya dan bapak hasan Makassar) didoakan agar terus semangat pada jalan perjuangan membantu mewujudkan kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat Raja Ampat, dan saya sampaikan bahwa inilah yang menjadi motivasi kami berdua yaitu harapan masyarakat, harapan masyarakat lah yang menjadi bahan bakar sesungguhnya untuk bergerak berjuang, harapan datang bersama kepercayaan, dan menjadi amanah yang kami pikul di pundak kami, sehingga jika Tuhan berkehendak kami berdua akan berjuang mewujudkan kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat kabuaten Raja Ampat dengan tanpa ada kecualinya,” pungkas Kepala Dinas Perikanan dan kelautan Kabupaten Raja Ampat 2012-2015.

(RIS)