MPR dan Universitas Terbuka Jalin Kerjasama Sosialisasikan Empat Pilar 

BERITA UTAMA669 Dilihat

JAKARTA,KABARDAERAH.COM-Sekretaris Jenderal MPR, Dr. H. Ma’ruf Cahyono mengatakan lembaga yang kini dipimpin oleh Bambang Soesatyo melakukan kerjasama dengan Universitas Terbuka (UT) dalam rangka Sosialisasikan Empat Pilar MPR RI (Pancasila, UUD NRI 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika).

Dijelaskan bahwa Universitas Terbuka (UT) memiliki 39 cabang di seluruh Indonesia, dan luar negeri. Dengan demikian jika sosialiasi itu masif dilakukan, maka akan besar masyarakat yang memahami sekaligus mengamalkan Pancasila, demikian Sekjen MPR, Ma’ruf Cahyono saat membuka kerjasama (MoU), Jumat (18/9) di DPR RI Jakarta.

Alasannya, pertama, para pengajar UT sendiri sudah banyak yang mengikuti training of trainer (ToT) 4 Pilar MPR RI, sehingga mereka bisa menjadi pembicara dalam kegiatan sosialiasi itu.

Kedua, jika dibutuhkan bahan kajian dari sosialiasi 4 pilar tersebut kedua belah pihak bisa memberdayakan sumber daya manusia (SDM) dan lain-lain yang ada di UT maupun Badan Pengkajian MPR RI. “Intinya, agar sosialiasi 4 Pilar ini bisa dilakukan secara massif.”

Ketiga, sejalan dengan perkembangan zaman, UT dan MPR RI bisa saling sinergi data perguruan tinggi dan universitas di seluruh Indonesia, untuk mengimplementasikan Pancasila ini ke seluruh lapisan masyarakat.
“Sehingga sosialisasi yang makin massif ini, masyarakat akan banyak pula yang memahami dan mengamalkan Pancasila.”

Diketahui bahwa kerjasama sosialiasi itu sesuai dengan Pasal 5 UU MD3 (MPR,DPR,DPD dan DPRD).

“Jadi, kerjasama ini tinggal disesuaikan dengan program-program yang ada di UT sendiri untuk menyerap aspirasi masyarakat dari berbagai aspek kehidupan,” kata Dr. H. Ma’ruf Cahyono yang juga salah satu dari 100 Tokoh Inspirasi Jawa Tengah itu.

Memorandum of Understanding (MoU) Sosialisasi Empat Pilar MPR tersebut digelar di ruang Delegasi MPR, Gedung Nusantara V Komplek Parlemen (DPR/MPR/DPD.RI) Senayan, Jakarta, Jumat (18/9/2020). ** (dsl).