Meriahkan HUT Kota Curup, Disdikbud Kab Rejang Lebong Resmi Buka Lomba Kreasi Etnis Batak

BENGKULU393 Dilihat

Rejang Lebong, Kabardaerah.com,-Dalam memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Curup ke 144, Himpunan Masyarakat Batak Bersatu (HMBB) Rejang Lebong menggelar lomba Kreasi Etnis Batak yang dilaksanakan di panggung utama HUT Kota Curup, Jumat, (10/5/2024) malam.

Lomba Kreasi Etnis Batak secara resmi dibuka dengan ditandai dengan pemukulan alat musik Gondang Batak Toba yang dilakukan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kab. Rejang Lebong, Drs. Novrianto, MM dan Ketua HMBB Rejang Lebong, Carles Simanungkalit, S.Pd.

Ketua panitia pelaksana sekaligus Ketua HMBB Rejang Lebong, Carles Simanungkalit, S.Pd menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak panitia, keluarga besar HMBB dan masyarakat Rejang Lebong yang telah ikut ambil bagian dalam memeriahkan kegiatan ini.

Carles juga mengatakan bahwa Pagelaran Seni dan Budaya Batak ini menampilkan berbagai kegiatan yang memukau para penonton.

Kesenian tradisional dari berbagai etnis Batak seperti Etnis Toba, Simalungun, Pak Pak, Angkola, dan Karo menjadi sorotan utama pada hari ini.

Carles menjelaskan dalam lomba kreasi etnis batak ini menampilkan tarian tor – tor, musik dan lagu batak diikuti oleh 10 orang peserta yang terbagi dalam 2 kategori yakni, kategori anak-anak dan kategori dewasa.

“Jadi para peserta yang tampil malam ini merupakan hasil audisi yang telah kami lakukan belum lama ini,” kata Carles.

Ada lima kategori dalam lomba Kreasi Etnis Batak ini yakni kualitas bakat, kreativitas, kostum dan penampilan.

Sementara itu, Kepala Disdikbud Kab. Rejang Lebong, Drs. Novrianto, MM mengapresiasi HMBB Rejang Lebong yang telah ikut memeriahkan HUT Kota Curup ke-144 dengan menggelar lomba Kreasi Etnis Batak.

Ia juga berharap, dengan adanya kegiatan ini, keberagaman etnis dan budaya yang ada di Rejang Lebong semakin terjaga dan berkembang dengan baik.

“Keberhasilan acara ini juga menunjukkan tingginya tingkat partisipasi masing-masing etnis dalam mendukung Kabupaten Rejang Lebong,” tutupnya. (KD)