Penyuluhan Pertanian Digelar Kodim 1506/Namlea di Lokasi TMMD Ke-120

DAERAH, MALUKU918 Dilihat

KabarDaerah.Com – Kodim 1506/Namlea mempunyai rangkaian kegiatan Selain gencar melaksanakan kegiatan sasaran Fisik, Satgas TMMD ke – 120 Kodim 1506/Namlea juga rutin secara continue menggelar kegiatan sasaran Non Fisik.

Salah satunya berkolaborasi dengan Dinas Pertanian (PPL) menyuguhkan Penyuluhan Pertanian di Kantor Desa Waelo bagi warga masyarakat khususnya yang berprofesi sebagai Petani dan Pekebun di Desa Waelo Kecamatan Waeapo, Kabupaten Buru, Jum’at, (31/05/2024)

Dansatgas TMMD Letkol Arh Agus Nur Fujiyanto, S.I.P, M.Han., yang mana program TMMD ini tidak hanya menitik beratkan pada pembangunan Fisik saja. Akan tetapi, kegiatan berupa Non Fisik juga tidak kalah pentingnya bagi masyarakat setempat yang mayoritas sebagai Petani atau Pekebun.

“Dengan menggandeng pihak Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL), Kita berharap dapat menambah pengetahuan dan wawasan bagi masyarakat. Sehingga, muaranya dapat menerapkan metode atau cara bertani atau berkebun dengan baik dan benar yang bisa menghasilkan produksi yang maksimal”, tutur Dansatgas.

Kegiatan Penyuluhan tersebut sehingga masyarakat tidak hanya semakin bertambah pengetahuan namun juga mempraktekkannya dan semakin gencar mengolah lahannya agar menjadi lahan yang produktif.

“mulai dari tahapan penyiapan dan pengolahan lahan, pembibitan, penanaman hingga masa perawatan”, kata Dansatgas.

Kegiatan Penyuluhan Pertanian yang dihadiri oleh berbagai kalangan Petani di desa itu,dengan narasumber PPL dari dinas pertanian Kabupaten setempat dan juga membahas materi yang sangat relevan, sehingga bermanfaat bagi para Petani lokal.

Sementara itu Iwan Setiawan S,PT PPL dari Dinas Pertanian menjelaskan tentang berbagai teknik Pertanian yang dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi kerja Petani.

“Dengan memberikan bekal ilmu kepada Petani sehingga dapat meningkatkan sumber daya manusia SDM di bidang pertanian, perkebunan serta sektor peternakan diantaranya tentang tata cara pengendalian hama/penyakit pada tanaman, cara penggunaan Pupuk Organik maupun Non Organik, serta teori cara beternak yang baik agar berkembang biak sesuai harapan.(J10/R).