SMA 1 Mukomuko Siap Bantu Wali Murid Lakukan Pendaftaran PPDB 2024 Secara Online

BENGKULU462 Dilihat

Mukomuko, Kabardaerah.com,–Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyatakan siap membantu wali murid yang kesulitan melakukan pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2024 secara online.

“Dari sebanyak puluhan wali murid yang membawa anaknya mendaftar di sekolah ini, beberapa wali murid tidak memahami pendaftaran PPDB secara online, jadi kami membantu wali murid,” kata Ketua Pelaksana PPDB SMAN 1 Kabupaten Mukomuko M Ampera di Mukomuko, Rabu.

SMAN 1 Mukomuko di Kelurahan Koto Jaya, Kecamatan Kota Mukomuko resmi membuka pendaftaran PPDB secara online pada 19 hingga 21 Juni 2024 untuk tiga jalur afirmasi, prestasi dan perpindahan orang tua.

Ia mengatakan, ada beberapa data yang harus di-upload oleh wali murid saat pendaftaran PPDB secara online, yakni akta kelahiran, ijazah, kartu keluarga.

Terhadap calon murid baru yang ada Kartu PIP/KIP/PKH/KKS/ harus dilengkapi bukti keterangan penyandang disabilitas dari dokter spesialis atau psikolog.

Sedangkan, untuk jalur afirmasi, calon peserta didik tidak boleh menggunakan KIS dan SKTM.

Kemudian Surat atau SK penugasan orang tua dan surat keterangan domisili, dan khusus jalur perpindahan orang tua.

“Calon peserta didik yang ingin masuk melalui jalur prestasi harus mengupload, surat keterangan nilai rapor serta surat pertanggungjawaban mutlak (SPTJM),” ujarnya.

Kemudian, SPTJM itu wajib diunduh pada laman siswa di tombol “aksi” setelah biodata siswa sudah terverifikasi.

Herti (38) wali murid mengakui dirinya mengalami kesulitan untuk meng-upload data-data anaknya saat melakukan pendaftaran PPDB secara online.

“Saya kurang mengerti cara daftar online, makanya saya pilih datang ke sekolah langsung untuk dibantu didaftarkan,” ujarnya.

Ia menjelaskan, dirinya mendaftarkan anaknya melalui jalur prestasi, dan beberapa dokumen dipersiapkan untuk nanti di-upload oleh pihak sekolah. (redbkl)