Ciptakan Lingkungan Kerja Yang Sehat PT BRE Gandeng Dinkes Tapin Lakukan Skrining Karyawan Plus Donor Darah

 

KabarDaerah.com – Guna menciptakan lingkungan kerja yang aman dan sehat serta upaya mendukung ketersediaan stok darah di Kabupaten Tapin,PT Bhumi Rantau Energi (PT BRE) gandeng tenaga medis dan PMI Kab. Tapin melaksanakan pemeriksaan rutin kesehatan karyawan (Skrining) dari penyakit tidak menular sekaligus lakukan donor darah.

“Skrining ini merupakan kegiatan rutin setiap bulan yang dilaksanakan PT BRE anak perusahaan dari Padang Karunia dan Hasnur Group.Untuk tenaga medis kita bekerjasama dengan Puskesmas Lokpaikat”,ungkap Superintendent PT BRE,Agung Santoso.Kamis (27/6/2024).

Dikatakannya,disamping pemeriksaan kesehatan penyakit tidak menular para pekerja dilingkungan perusahaannya, pihaknya juga melakukan donor darah.

“Untuk kegiatan donor darah kita (PT BRE) bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Tapin. Alhamdulliah pada kegiatan kali ini dapat terkumpul 50 kantong darah dari pendonor para karyawan PT BRE”,sebutnya.

Dia menjelaskan,giat ini dilaksanakan sebagai upaya deteksi dini perusahaan terhadap kesehatan para karyawannya, sehingga jika terdapat karyawan yang mempunyai riwayat kesehatan kurang baik terutama memiliki penyakit yang kategori menular, perusahaan dapat segera mengambil tindakan medis.

Sementara itu, Perwakilan Tim Medis dari Puskesmas Lokpaikat, dr.Ellsa Anggun Karantika menyampaikan,dari hasil skrining yang dilakukan pihaknya, diantara beberapa karyawan PT BRE tersebut ditemukan riwayat kesehatan atau gejala penyakit tidak menular.

“Secara umum para karyawan PT BRE yang kita skrining ini mempunyai riwayat kesehatan yang baik,akan tetapi masih ada beberapa dari mereka yang memiliki penyakit tidak menular seperti hipertensi, kolesterol dan asam urat”, sebut dr Ellsa.

Dikatakannya,faktor timbulnya penyakit tersebut biasanya disebabkan karena penderita memiliki pola makan kurang teratur atau pola hidup tidak sehat.

Ia menuturkan,disamping memberikan obat kepada karyawan yang menderita penyakit tersebut,juga mengedukasi para karyawan PT BRE untuk selalu menjaga pola makan dan membiasakan pola hidup sehat salah satunya rajin olahraga.