Hari Donor Darah Sedunia 2024, PMI Tapin Gelar Serangkaian Aksi Sosial

 

KabarDaerah.com – Sambut Hari Donor Darah Sedunia tahun 2024, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tapin menggelar kegiatan Bakti Sosial, di Desa Shabah, Kecamatan Bungur, Kabupaten Tapin. Sabtu (29/6/2024).

Serangkaian baksos yang digelar PMI Tapin tersebut diantaranya donor darah, sunatan massal, cek kesehatan gratis, pemasangan alat kontrasepsi hingga pembagian paket sembako dan lainnya.

Perwakilan PMI Kabupaten Tapin, Dwi Suryanto menyampaikan,giat tersebut melibatkan sejumlah perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Tapin yang selama ini menjadi mitra PMI Tapin.

“Pada giat kali ini, kita (PMI) mengusung tema “20 Years of Celebrating : Thanks You Blood Donor’s”,ungkap Dwi.

Dia menyampaikan,hasil dari giat baksos ini diantaranya terkumpul 15 kantong darah, ada18 anak laki – laki mengikuti sunatan massal dan enam orang dewasa ikut pemasangan implant.

“Di samping itu untuk yang pemeriksaan kesehatan penyakit tidak menular ada 150 orang lansia dan sembako ada 500 paket yang dibagikan”, jelasnya.

Dwi menyebutkan,giat baksos tersebut melibatkan beberapa perusahaan seperti Hasnur Group,PT EBL,PT BRE,PT KPP,PT BMB blok II,PT CK,PT HRS dan didukung IDI,IBI,PPNI,IPeKB serta lainnya.

Sementara itu,salah satu dari perwakilan perusahaan mitra PMI Tapin atau Head Opration PT Energi Batubara Lestari (PT EBL) site Rantau, Bambang Octariono, mengaku bangga bisa ikut berpartisipasi pada kegiatan baksos yang digelar PMI.

“Setidaknya,ini jadi momentum yang baik untuk PT EBL agar kami bisa terus berkontribusi dalam kepedulian atau membantu masyarakat terutama yang ada disekitar perusahaan”, ungkapnya.

Bambang berharap, kegiatan seperti ini bisa terus rutin digelar dan pihaknya berjanji aksi sosial seperti ini akan di masukkan pada program prioritas PT Energi Batubara Lestari (PT EBL).

Senada dengan itu,Penjabat Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin pada sambutan yang dibacakan Asisten Administrasi Umum, Fiqri Irmawan menyampaikan apresiasi telah terlaksananya kegiatan baksos bersama tersebut.

“Tentunya aksi sosial seperti ini sangat besar manfaatnya bagi kemanusiaan terutama donor darah. Kepedulian pendonor ini sangat penting, karena bisa saja setetes darah yang disumbangkan dapat menyelamatkan nyawa orang lain”, ujar Fiqri.

Ia berharap,aksi sosial ini bisa terus dan rutin digelar serta dapat menyasar lebih luas lagi, sehingga manfaat yang ditebar juga bisa dirasakan masyarakat lainnya.(Ron).